Ragam Lainnya | Detail

Permainan Softball: Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan

Johana Joy Artamira
Minggu, 05 Juni 2022, 09:26 WIB
Permainan Softball: Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan
Olahraga softball memiliki teknik dasar dan peraturan yang harus dipatuhi pemain.

JAKARTA–Permainan softball adalah salah satu permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua tim, masing-masing tim terdiri dari sembilan orang pemain. Tugas setiap tim adalah memukul bola dengan tongkat dan berlari menuju base untuk mendapatkan poin. Permainan ini sudah umum dimainkan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Eropa.

Teknik Dasar Softball

Diketahui dari berbagai sumber, dalam permainan softball, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai seperti memukul bola, meluncur, bunting, menangkap bola, melempar bola, dan berlari. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Memukul Bola

Memukul bola adalah salah satu teknik dasar yang penting dalam permainan softball. Diperlukan koordinasi tangan, mata, serta reaksi yang cepat dipadukan dengan teknik memukul yang tepat. Hal ini bertujuan agar menghasilkan pukulan yang baik.

Tidak hanya itu, cara memegang alat pukul pun sangat mempengaruhi kualitas pukulan yang dihasilkan.

Pada teknik dasar ini, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan seperti teknik pukulan bunt dan swing. Teknik pukulan bunt adalah teknik yang tidak memerlukan ayunan pada saat memukul bola. Teknik ini dapat dilakukan apabila ingin bola jatuh dengan alami.

Sementara, pukulan swing adalah teknik memukul bola yang dilakukan dengan mengayunkan tangan dengan keras dan cepat.

2. Meluncur

Teknik ini dilakukan oleh pelari pada saat berusaha untuk maju ke base di depannya ketika penjaga base mulai menangkap bola yang dipukul.

3. Bunting

Bunting merupakan teknik memukul bola yang dilakukan dengan sengaja memukul dengan tidak memberi kekuatan besar atau ayunan. Teknik ini sangat cocok digunakan oleh pemain yang unggul dalam berlari. Cara melakukannya adalah dengan bersiap dalam posisi memukul seperti menggunakan teknik swing yang membutuhkan kekuatan besar.

Kemudian pada saat bola dilempar, putarlah tubuh ke arah pelempar sembari menjaga bat tetap miring dengan ujung pemukul yang mengarah ke atas. Setelah berhasil memukul, larilah secepat mungkin ke base pertama.

4. Menangkap Bola

Menangkap bola adalah teknik yang juga tidak kalah penting dalam permainan softball. Terdapat tiga teknik yang bisa dilakukan untuk menangkap bola seperti menangkap bola yang bergulir di tanah, menangkap bola yang melambung, dan menangkap bola lurus.

5. Melempar bola

Ada tiga teknik yang bisa dilakukan untuk melempar bola yakni overhand throw, underhand toss, dan sidehand throw.

6. Berlari

Teknik ini dilakukan oleh pemain seusai memukul bola yang dilancarkan oleh pitcher. Ia harus berlari dengan cepat menuju ke base.

Peraturan Softball

Berikut ini adalah beberapa peraturan dalam softball:

1.    Softball dimainkan oleh dua tim dengan jumlah sembilan pemain di tiap tim.
2.    Satu permainan berlangsung selama dua jam dan dilakukan sebanyak 7 babak atau inning.
3.    Tim dibagi menjadi tim penjaga dan pemukul. Tim pemukul bertujuan untuk mencetak skor sebanyak mungkin. Sementara, tim penjaga mempunyai tugas untuk mempertahankan base dengan berusaha membuat tim pemukul mendapatkan tiga out.
4.    Setiap babak berakhir ketika tiga pemain berturut-turut gagal untuk memukul bola dan kemudian dikeluarkan sehingga tim penjaga bisa berganti posisi.
5.    Tim yang menjadi pemenang adalah tim yang berhasil mencetak skor terbanyak dalam tujuh inning.
6.    Pada softball ada 4 base yang harus dilewati pemain yakni base pertama, base kedua, base ketiga, dan home plate pada lapangan.
7.    Garis antara base sekitar 12 meter - 18 meter, sehingga lapangan akan berbentuk berlian. Di dalam berlian disebut infield dimana terdapat pitcher plate tempat melempar bola, dan di luar garis base disebut outfield.
8.    Bola yang keluar dari garis base pertama atau ketiga dianggap tidak sah.
9.    Tim penjaga memiliki posisi pemain pitcher, catcher, penjaga di masing-masing base dan tiga fielder yang menjaga di kanan kiri lapangan.
10. Seorang pitcher harus berdiri dengan tepat menggunakan dua kaki yang menyentuh pitcher plate.
11. Pitcher tidak diperbolehkan menghentikan atau memantulkan bola ketika melemparkan bola kepada pemukul, karena bisa membuat seorang pemukul tak bisa mengenai bola.
12. Urutan dalam memukul bola ditentukan oleh nomor yang sudah ditentukan sebelum mulai pertandingan.
13. Seorang pemukul harus berhasil memukul bola dan berlari ke base.
14. Pemain dilarang bermain jika terlibat perkelahian ataupun melakukan perbuatan yang tak seharusnya pada wasit.
15. Tim pemukul dilarang menghalangi seorang catcher untuk menangkap bola.
16. Tim penjaga dapat mencegah seorang pemukul dengan membuat mereka kehilangan bola, menangkap bola, menandai salah satu base atau mengincar salah satu pemukul ketika ia berlari.
17. Satu poin untuk tiap pemukul yang berhasil kembali ke home plate.
18. Skor juga bisa didapat ketika pemain lain yang berada di base berhasil kembali ke home plate meski pemukul tidak berhasil menginjakkan kaki di home plate.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1336 seconds [12]