Ragam Lainnya | Detail

Permainan softball berasal dari Negara Amerika Serikat? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sulthan Muafa
Sabtu, 11 Juni 2022, 23:13 WIB
Permainan softball berasal dari Negara Amerika Serikat? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Olahraga softball berasal dari Amerika Serikat dan menyebar ke seluruh dunia.

JAKARTA-Menelusuri permainan softball berasal dari negara mana tentu akan menambah wawasan. Karena permainan yang menggunakan bola kecil ini terdengar tidak asing dan tidak kalah dari olahraga permainan lainnya.

Sejatinya Softball merupakan salah satu cabang olahraga yang serupa dengan Baseball. Keduanya masuk jenis permainan menggunakan bola berukuran kecil. 

Permainan softball berasal dari negara apa

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tepat 1887 permainan softball pertama kali berasal dari Kota Chicago, Amerika Serikat (AS) yang diinisiasi oleh George Hancock.

Masuk ke tahun 1906 terdapat salah satu tokoh bernama Lewis Robert tertarik dengan softball. Sehingga dia mencoba untuk menyusun rincian beberapa aturan dari permainan satu ini.

Kemudian seiring waktu softball kian banyak dikenal orang dan berkembang pesat. Akhirnya tepat 1916, sosok bernama Matthew berniat mencoba membuat aturan sedetail mungkin untuk olahraga satu ini dan aturan tersebut kini masih berlaku.

Menginjak 1933 permainan softball resmi mengadakan acara kompetisi besar tingkat dunia. Event meriah itu bergulir di Hills, Chicago, Amerika Serikat. 

Perkembangan Softball di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, permainan softball di Indonesia pertama kali ada sebelum kemerdekaan. Kala itu terbatas hanya kalangan tertentu saja yang dapat menikmati permainan tersebut.

Ditambah permainan softball di tanah air juga saat itu hanya boleh dimainkan wanita yang masih kanak-kanak saja. Maka dari itu belum sepenuhnya dirasakan oleh semua kalangan.

Memasuki Desember 1966 kala itu Indonesia resmi mengikuti kejuaraan pada ajang Asian Games di Bangkok. Beruntung saat itu bukan hanya perempuan saja melainkan pria turut berkontribusi pada pergelaran kompetisi tersebut.

Tepat di tahun 1967 untuk perkembangan olahraga softball yang lebih baik serta untuk pembinaan, maka terciptalah sebuah induk organisasi Perbasasi. Tugasnya untuk membimbing, mengatur, dan mewadahi olahraga softball maupun baseball.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1443 seconds [13]