logo
Hobi | Detail

Permainan Bulu Tangkis Berasal dari Negara Mana? Berikut Penjelasan dan Sejarahnya

Tim Sportstars
Senin, 25 Juli 2022, 16:31 WIB
Permainan Bulu Tangkis Berasal dari Negara Mana? Berikut Penjelasan dan Sejarahnya
Permainan bulu tangkis berasal dari negara India. (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

JAKARTA - Permainan bulu tangkis berasal dari negara India. Tepatnya pada 1860-an, tentara asal Inggris menciptakannya saat sedang bertugas di sana.

Bulu tangkis merupakan jenis atau cabang olahraga dengan menggunakan raket dan shuttlecock yang dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda).

Tujuan dari permainan bulu tangkis adalah untuk memenangkan poin dengan cara memukul shuttlecock melewati net dan membuat lawan tak dapat mengembalikan shuttlecock tersebut.

Sama seperti kebanyakan olahraga raket lainnya, pada zaman dahulu bulu tangkis dimainkan oleh masyarakat kelas atas di Inggris. Pola permainannya masih sama hingga saat ini, para pemain harus memukul shuttlecock agar tak jatuh di bidang permainan kita. 

Setelah diperkenalkan pada 1860-an oleh tentara Inggris di India, bulu tangkis pun mengalami perubahan yang signifikan. Tepatnya pada 1873, permainan tersebut lalu dibawa kembali ke negara asal sang penemu, Inggris, dan dimainkan di Duke of Beaufort, Badminton House, Gloucestershire.

Inggris lalu mengadakan kejuaraan bulu tangkis tidak resmi pertamanya (khusus atlet pria) pada 1889. Sementara itu, turnamen untuk wanita digelar pada tahun berikutnya.

Federasi bulu tangkis dunia atau International Badminton Federation (IBF) resmi dibentuk pada 5 Juli 1934. Pada saat itu, hanya dipelopori oleh beberapa negara saja, seperti Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Prancis. India kemudian baru bergabung sebagai afiliasi di dua tahun setelahnya, tepatnya pada 1936.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1543 seconds [13]