Ragam Lainnya | Detail

Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh William G. Morgan? Berikut Penjelasannya

Johana Joy Artamira
Rabu, 25 Mei 2022, 23:50 WIB
Permainan Bola Voli Diciptakan Oleh William G. Morgan? Berikut Penjelasannya
Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan dan masih terus digemari (Foto: Instagram)

JAKARTA– Bola voli menjadi salah satu olahraga yang disukai oleh berbagai kalangan. Faktanya, olahraga ini selalu masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan di berbagai turnamen. Sementara permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan.

Karena masih banyak masyarakat yang tidak paham, maka sudah kewajiban bila harus membahas pencipta permainan ini.

Dilansir dari berbagai sumber, permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan. 

Morgan lahir di Amerika Serikat pada 23 Januari 1870. Morgan diketahui pernah bekerja sebagai seorang direktur pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA) pada tahun 1895.

Namun sebelumnya pada tahun 1891, dia pernah menempuh pendidikan di Springfield College yang juga berada di bawah pengelolaan YMCA. Disana, William G. Morgan bertemu dengan sosok yang dikenal sebagai pencipta permainan basket yaitu James Naismith.

Pada 9 Februari 1895 di Holyoke, William G. Morgan menciptakan permainan bola voli yang awalnya bernama Mintonette. Seiring berjalannya waktu, mintonette mengalami perkembangan dan berubah nama menjadi voli.

Dalam menciptakan olahraga bola voli ini, William G. Morgan mendapatkan inspirasi dari James Naismith. Namun sosok yang memiliki peran besar dalam dunia voli ini, meninggal dunia pada 27 Desember 1942.

Demikian tadi adalah informasi mengenai pencipta permainan bola voli yakni William G. Morgan. Nama dan jasanya akan selalu dikenang.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1323 seconds [12]