logo
Basket | Detail

Permainan Bola Basket berasal dari Negara Mana? Berikut Penjelasannya

Tim Sportstars
Kamis, 04 Agustus 2022, 22:28 WIB
Permainan Bola Basket berasal dari Negara Mana? Berikut Penjelasannya
Meski olahraga populer, sejarah permainan bola basket dunia berasal dari negara mana masih jadi pertanyaan. (Foto Instagram)

JAKARTA - Menjadi salah satu olahraga populer di dunia, sejarah permainan bola basket dunia berasal dari negara mana masih menjadi pertanyaan banyak orang. Basket merupakan olahraga yang digemari anak muda terutama pelajar dan mahasiswa. 

Permainan Bola Basket merupakan olahraga dengan dua regu tim  masing masing tim terdiri 5 orang pemain. Kedua tim bermain dan harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke ring lawan.

Permainan Bola Basket berasal dari Negara Mana?

Permainan Bola Basket pertama kali dikenalkan pada 1891 pria asal Kanada James Naismith yang menjadi guru olahraga di salah satu sekolah Kristen (YMCA) di Springfield, Massachussets, Amerika Serikat. Dari sejarah ini bisa disimpulkan, bola basket merupakan olahraga dari negara Amerika Serikat. 

Awalnya, banyak orang yang bertentangan dengan olahraga bola Basket tersebut karena dianggap olahraga yang terlalu keras dan juga tidak cocok dilakukan diruangan tertutup. Hal tersebut yang membuat Naismith membuat peraturan dasar permainan Bola Basket tersebut dan menempelkan keranjang di dinding ruangan olahraga muridnya.

Timnas Basket Indonesia akan berhadapan dengan China di Playoff Perempat Final FIBA Asia Cup 2022 (Foto: FIBA Basketball)

Sebelumnya, olahraga ini belum memiliki nama. Namun saat Pertandingan pertama olahraga basket pada 20 Januari 1892, salah satu murid Naismith menyebutkan basket sehingga olahraga tersebut dinamakan basketball.

Permainan Bola Basket pun terkenal hingga di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Setiap bagian negara memiliki penggemar fanatik olahraga bola Basket dan melakukan pertandingan bola basket. 

Seiring meningkatnya popularitas permainan bola basket di dunia, tepat pada tanggal 18 Juni 1932 organisasi basket dunia dibentuk. Organisasi ini diberi nama FIBA dan bermarkas di Jenewa, Swiss. (Leonardo Silitonga)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1609 seconds [13]