logo
Netting | Detail

Perjalanan Karier Roger Federer, Pensiun Usai 24 Tahun Bertanding

Intan Rachmasari
Sabtu, 17 September 2022, 00:50 WIB
Perjalanan Karier Roger Federer, Pensiun Usai 24 Tahun Bertanding
Roger Federer (Foto: Instagram @/rogerfederer)

JAKARTA - Perjalanan karier Roger Federer selalu menarik untuk di kilas balik, terlebih saat ini petenis yang cukup senior tersebut memutuskan pensiun setelah 24 tahun berkarier sebagai pemain tenis profesional. 

Roger Federer adalah salah satu nama yang akan muncul di benak semua orang ketika membahas olahraga bola kecil ini. Petenis asal Basel, Swiss ini dikenal memiliki banyak prestasi di sepanjang karirnya. 

Namun kabar mengejutkan datang dari dirinya, setelah unggahan di laman Instagram pribadinya. Pada unggahan tersebut Roger Federer menyatakan bahwa The Laver Cup yang berlangsung di London, Inggris, akan menjadi momen untuk menutup karirnya. 

Lantas bagaimana perjalanan karir Roger Federer? Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai perjalanan karir Roger Federer. Berikut informasinya;

Aksi Roger Federer pada babak 16 besar Wimbledon 2021 melawan Lorenzo Sonego (Foto: Reuters/Paul Childs)

Akhir Perjalanan Legenda Tenis Bernama Roger Federer

Petenis asal Basel, Swiss ini memulai perjalanan karir sebagai petenis sejak usia dini. Sejak usianya masih 8 tahun, Roger Federer sudah mulai bermain tenis. Tak heran jika kemampuannya untuk menaklukan bola tenis saat ini tidak perlu diragukan lagi.  

Bakatnya sebagai calon juara dunia sudah terlihat sejak kecil, pada tahun 1993 Roger Federer berhasil mencatatkan prestasi dengan meraih dua gelar Nasional untuk kategori Tenis anak usia 12 tahun. 

Lahir di keluarga yang supportive, kedua orang tuanya menyadari jika bakat anaknya perlu diasah lebih dalam lagi. Kemudian mereka memutuskan untuk Roger Federer bergabung dengan pusat pelatihan tenis nasional di Ecublens, Swiss. 

Di usianya yang baru menginjak 14 tahun pada waktu itu, Roger Federer harus merantau untuk mengikuti program pelatihan tenis nasional swiss. Pada tahun 1995 dirinya berhasil lolos tahap kualifikasi program ini dan memutuskan pindah ke Ecublens bersama keluarga angkatnya. 

Program pelatihan tidak terlihat mudah awalnya bagi Roger, berbagai kesulitan harus dilaluinya sebagai peserta program pelatihan tenis nasional Swiss. Banyak hal yang menjadi kendala seperti minimnya kemampuan berbahasa Perancis dan juga bakat yang belum terlalu menonjol. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1605 seconds [12]