logo
MotoGP | Detail

Perjalanan Karier Marc Marquez: The Baby Alien, Juara MotoGP 6 Kali

Wikku D. Nugroho
Senin, 09 Januari 2023, 23:45 WIB
Perjalanan Karier Marc Marquez: The Baby Alien, Juara MotoGP 6 Kali
Perjalanan Karier Marc Marquez. (Foto: Repsol Honda Team).

JAKARTA - Perjalanan karier Marc Marquez menjadi perhatian para penikmat MotGP di seluruh dunia. Rider asal Spanyol itu telah menjuarai ajang balap dunia MotoGP sebanyak enam kali. 

Beberapa waktu ini, Marc Marquez mengungkapkan jika ia ingin mengganti gaya balapnya di musim depan. Dirinya menganggap jika ia memiliki gaya balap yang terkesan urakan pada MotoGP musim 2022 lalu.

Dengan pilihan gaya balapan seperti itu, membuat Marc Marquez harus menaggung risiko yaitu sering keluar masuk ruang medis. Lalu seperti apa sosok dari rider asal Spanyol tersebut?

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai perjalanan karier Marc Marquez;

Marc Marquez (Repsol Honda) akan tampil pada MotoGP Australia 2022 akhir pekan ini di Sirkuit Phillip Island (Foto: MotoGP)

Perjalanan Karier Marc Marquez

Rider Repsol Honda satu ini bernama lengkap Marc Marquez Alenta. Dia dilahirkan di Cervera, Spanyol pada 17 Februari 1993. Sehingga di tahun ini ia akan genap berusia 30 tahun. 

Marc Marquez merupakan anak pertama dari pasangan Julia Marquez dan Roser Alenta. Dirinya sendiri memiliki seorang adik bernama Alex Marquez yang juga sama-sama berkecimpung di dunia balap MotoGP. 

Kecintaan Marc Marquez terhadap dunia balap motor sudah tumbuh sejak kecil. Pada usia empat tahun, kedua orang tuanya sampai membelikan sang anak tercinta sebuah motor sebagai kado natal. 

Marc Marquez berkompetisi di balap Enduro Spanyol kelas 50 cc ketika berusia 5 tahun. Pada tahun 1999, rider asal Spanyol itu mengikuti balapan di ajang Catalan Motocross dan Enduro Championships. 

Kemudian, Marc Marquez menjadi runner-up di ajang Catalan Motorcross setahun berselang. Dirinya pun juga berhasil keluar sebagai juara di ajang Catalan Speed musim 2002. 

Pada tahun-tahun berikutnya, Marc Marquez menjadi menjajal dunia balap di kelas 125 cc dan menjadi juara pada musim 2005 dan 2006. Pada akhirnya, kakak dari Alex Marquez tersebut memulai debut balap profesionalnya di series Portugal kelas 125 cc pada 13 April 2008. 

Pada musim perdananya, ia sukses mencatatkan satu kali podium dari 13 seri yang sudah diikutinya. Marc Marquez berhasil menjadi juara dunia di kelas 125 cc pada musim 2010 usai mencatatkan 10 kali kemenangan, 12 kali podium dari 17 seri. 

Kecemerlangan itu membuat ia dipromosikan ke kelas Moto2 semusim berselang. Karier mulus tanpa hambatan tidak dirasakan oleh Marc Marquez. Dirinya gagal meraih gelar juara di kelas Moto2 lantaran mengalami insiden kecelakaan. 

Tidak hanya gagal meraih gelar juara dunia, Marc Marquez pun juga mengalami gangguan penglihatan yakni diplopia. Ia pun menajalani musim perdananya di MotoGP musim 2013. 

Marc Marquez menjadi rider utama tim Repsol Honda usai rider andalan mereka, Casey Stoner memutuskan untuk pensiun. Sejak saat itu, rider berjuluk The Baby Alien itu menjuarai MotoGP sebanyak enam kali yakni pada musim 2013 hingga 2019. 

Demikian ulasan mengenai perjalanan karier Marc Marquez. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1821 seconds [12]