logo
Basket | Detail

Perjalanan Karier Kobe Bryant: Mengenang 3 Tahun Perginya Sang Legenda

Okta Novanto
Rabu, 25 Januari 2023, 16:08 WIB
Perjalanan Karier Kobe Bryant: Mengenang 3 Tahun Perginya Sang Legenda
Kobe Bryant menjadi atlet NBA yang legendaris dengan segala cerita kesuksesan dan kerja kerasnya (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Perjalanan karier Kobe Bryant tentu membuat siapapun berdecak kagum. Dia telah menjadi legenda basket dunia yang paling sukses. Bak datang menjadi raja, tutup usia sebagai legenda.

Mungkin ungkapan itulah yang pantas menggambarkannya. Kobe Bryant lahir pada 23 Agustus 1978 di kota Philadelphia, Amerika Serikat. Namun kemudian dia dibesarkan di Italia.

Pada 26 januari 2020, dunia dikejutkan atas kepergiannya. Sebuah kecelakaan helikopter yang ia dan putrinya tunggangi menjadi penyebabnya. Siapa yang tak bersedih mengingat selama 20 tahun Kobe berhasil menjadi atlet fenomenal.

Kobe Bryant (Sumber: Instagram)

Perjalanan Karier Kobe Bryant

Saat mulai beranjak sesungguhnya Kobe sudah mengidolakan tim LA Lakers. Saat masuk ke bangku SMA, Kobe kembali ke Amerika Serikat dan bersekolah di Lower Merion High School di Ardmore, Philadelphia.

Dalam karier amatirnya ia sudah menunjukkan bakat dengan mencetak 31,1 poin, 10,4 rebound, dan 5,2 assist. Karena Kobe merasa mantap dengan kemampuan yang dimilikinya sehingga dia pun turut dalam NBA Draft.

Alhasil dirinya sukses bergabung dengan tim yang idolakannya sejak lama yaitu LA Lakers. Pada musim kedua membersamai Lakers, ia sukses jadi All-Star. Torehan tersebut sekaligus mencapai rekor sebagai All Star termuda dalam sejarah NBA.

Saat usia Kobe menginjak 19 tahun, kehebatannya sudah diakui oleh legenda hidup basket yakni Michael Jordan. Pada 17 Desember 1997 keduanya bertemu. Meskipun Lakers kalah, penampilan Bryant menyita perhatian.

Karena saat itu dia mencetak 33 poin yang mana hanya selisih 3 poin di bawah Jordan. Kobe Bryant berhasil menjadi juara NBA bersama LA Lakers pada 2000, 2001,  2002, 2009, dan 2010. Bahkan tiga gelar pertamanya direngkuh bersama legenda NBA, Shaquille O’Neal.

Usai kepergian O'Neal, Kobe Bryant berhasil membuktikan tanpanya LA Lakers tetap bisa juara. Pada 2006 berhasil menumbangkan Toronto Raptors dan berhasil membukukan 81 poin.

Bryant juga mendapatkan gelar MVP pada musim reguler 2008 dan 2009. Prestasi lainnya yaitu bermain di All Star game MVP sebanyak empat kali. Dia juga berhasil membawa Amerika Serikat juara di Olimpiade 2008 Beijing, China, dan Olimpiade 2012 London, Inggris.

Pada 2015 menjadi momen pemting lainnya. Akibat cederanya yang semakin parah di area lutut dan bahu, membuat Kobe memutuskan gantung sepatu. Berikutnya dia merambah dunia investasi.

Namun sayang di saat kehidupannya penuh kebahagian bersama putri dan bisnisnya yang kian berkembang, ia mengalami kecelakaan maut. Kobe bersama putri dan 7 penumpang lainnya tewas dalam tragedi tersebut.

Demikian informasi mengenai perjalanan karier Kobe Bryant, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1794 seconds [13]