logo
Hobi | Detail

Begini Kelebihan dan Kekurangan Olahraga di Malam Hari

Intan Rachmasari
Rabu, 14 September 2022, 18:10 WIB
Begini Kelebihan dan Kekurangan Olahraga di Malam Hari
Malam hari dimanfaatkan untuk berolahraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

JAKARTA - Kelebihan dan kekurangan olahraga di malam hari memang perlu diperhatikan bagi yang sering melakukannya. Olahraga memang bisa dilakukan kapan saja, namun ada hal hal yang harus diperhatikan supaya bisa berdampak maksimal bagi kesehatan tubuh. 

Di era modern ini olahraga bukan lagi kegiatan yang dilakukan sekadar untuk menjaga kesehatan, namun menjadi bagian dari gaya hidup. Sebagian orang gemar melakukan olahraga di malam hari setelah lepas dari kegiatan sehari hari.

Namun apakah olahraga malam baik bagi kesehatan atau malah memberi dampak buruk? Dilansir dari berbagai sumber, Sportstars.id akan mengulas kelebihan dan kekurangan olahraga di malam hari. Berikut informasinya;

Kelebihan Olahraga Malam Hari 

  1. Sebagai Sarana Melepas Penat 

 Jaga Imunitas Tubuh, Warga Antusias Berolahraga di GBK

Setelah melewati hari yang panjang dengan berbagai kegiatan yang melelahkan sebagian orang memilih olahraga malam sebagai sarana melampiaskan kepenatannya.

Selain melepas penat olahraga juga akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbagai kegiatan seperti bersepeda, angkat beban ataupun sekedar bermain bulu tangkis dipercaya dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon rasa bahagia untuk seseorang.

  1. Nutrisi akan Lebih Mudah Diserap

Sebagian orang akan mengkonsumsi minuman berprotein tinggi saat selesai berolahraga, tak terkecuali bagi mereka yang melakukan kegiatan olahraga di malam hari.

Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi minuman berprotein selepas olahraga sesaat sebelum pergi tidur mempunyai kadar asam amino lebih banyak dibanding yang mengkonsumsi di siang hari. Hal ini menunjukan bahwa nutrisi akan lebih mudah diserap pada malam hari. 

  1. Tubuh dalam Keadaan Siap Olahraga

 JAKARTA - Warga bersepeda dan menikmati keindahan Waduk Rawa Badak di kawasan Jakarta Utara, Sabtu (18/9/2021). Dengan rindang pohon di sekitar waduk, kawasan tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berolahraga dan bersantai menikmati di akh

Menurut sebuah penelitian menunjukan hasil bahwa olahraga lebih baik dilakukan ketika suhu tubuh berada pada suhu tertinggi. Manusia akan mencapai suhu tertinggi tubuhnya pada waktu siang hari hingga menjelang malam hari.

Maka berolahraga di malam hari tubuh akan mencapai titik metabolisme yang lebih siap dibandingkan olahraga di siang hari. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1685 seconds [12]