logo
Ragam Lainnya | Detail

Perhatikan Cara Melakukan Pull Up Bagi Pemula, Supaya Terhindar Risiko Cedera

Intan Rachmasari
Sabtu, 03 September 2022, 13:17 WIB
Perhatikan Cara Melakukan Pull Up Bagi Pemula, Supaya Terhindar Risiko Cedera
Terdapat beberapa cara melakukan pull up yang perlu diperhatikan para pemula (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Cara melakukan pull up harus menjadi hal yang perlu diperhatikan para pemula. Pasalnya meskipun terlihat mudah, pull up bisa memberikan resiko cedera yang luar biasa apabila tidak dilakukan dengan benar. 

Pull up adalah jenis olahraga yang bisa memperkuat otot tubuh bagian atas apabila rutin dilakukan. Untuk bisa melakukan pull up dengan posisi sempurna tidak dengan waktu yang instan, diperlukan latihan secara berkala untuk bisa melakukan pull up dengan baik. 

Bagi para pemula sangat penting untuk mengetahui cara melakukan pull up yang baik dan benar. Berikut Sportstars.id akan mengulas informasinya;

Salah satu gerakan pull up untuk melatih otot (manfaat bagi pemula). (Foto: military)

Cara Melakukan Pull Up Bagi Pemula

Lakukan Gerakan Flexed Arm Hang

Gerakan Flexed Arm Hang adalah langkah paling awal yang perlu dilakukan pemula sebelum benar benar melakukan pull up. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara meletakan kotak di dekat palang pull up sehingga dagu Anda persis di atas palang. Kemudian pegang palang pull up dengan posisi telapak tangan ke arah dalam. 

Pegang erat palang pull up, kemudian angkat tubuh secara perlahan dan tahan posisi ini hingga terbiasa untuk beberapa saat. Tingkatkan waktu secara perlahan agar lengan bagian atas terbiasa dan semakin kuat. 

Lakukanlah Gerakan Dead Hang

Cara kedua yang bisa dilakukan oleh para pemula adalah gerakan Dead Hang. Gerakan ini membutuhkan kursi sebagai alat bantu untuk mengangkat tubuh sambil bergelantung.

Posisi tangan menggenggam palang pull up dengan jarak yang sedikit menjauhi tubuh. Kemudian, gerakkan siku ke samping ketika badan terangkat ke atas. Lekukan posisi lutut supaya kaki bertolak dari pijakan dan tahan posisi ini hingga terasa nyaman.

Latihan untuk Menurunkan Tubuh secara Perlahan

Proses menurunkan badan di palang juga dibutuhkan latihan supaya bisa melakukan dengan posisi sempurna. Penggunaan kursi sangat membantu untuk melatih menurunkan tubuh.

Dari posisi pull up, lakukan gerakan menurunkan tubuh secara perlahan dengan posisi tangan terbuka selebar bahu dan telapak tangan menghadap ke arah tubuh.

Tiga cara tersebut akan membantu para pemula untuk bisa melakukan gerakan pull up dengan posisi yang baik dan benar. Rutin berlatih akan membuat tubuh terbiasa dengan gerakan gerakan tersebut. Tubuh akan semakin kuat untuk melakukan pull up, sehingga kekuatan otot yang dihasilkan juga akan semakin maksimal.

Demikian informasi mengenai cara melakukan Pull Up bagi para pemula. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1524 seconds [12]