Ragam Lainnya | Detail

Perenang Andalan Positif Covid-19, Filipina Kehilangan Peluang Medali Emas

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 09 Mei 2022, 12:25 WIB
Perenang Andalan Positif Covid-19, Filipina Kehilangan Peluang Medali Emas
Perenang Filipina Luke Gebbie positif Covid-19 (Foto:Sport Inquirer)

MANILA - Kabar buruk bagi kontingan SEA Games Filipina. Mereka dipastikan kehilangan satu perenang andalannya yakni Luke Gebbie. Padahal, Gebbie berpeluang mempersembahkan medali untuk Filipina pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Gebbie seharusnya menjadi andalan Filipina pada cabang olahraga renang. Prestasinya memang tak bisa diremehkan. Pada SEA Games 2019 lalu, dia menyumbang medali perunggu di nomor gaya bebas 50 meter, dan estafet gaya bebas 4x100 meter.

Selain itu, Gebbie juga memegang rekor tercepat di Filipina pada sejumlah nomor. Termasuk nomor gaya bebas 100 meter, gaya bebas 50 meter dan juga gaya kupu-kupu 50 meter.

Namun, akhirnya Gebbie gagal berangkat. Tepat sebelum keberangkatannya ke Vietnam, dia justru dipastikan positif Covid-19. Hal itu pun dipastikan oleh presiden NOC Filipina, Abraham Tolentino.

“Sayang, dia (Gebbie) positif Covid. Hal itu membuat kami kehilangan satu peluang untuk meraih medali emas untuk SEA Games kali ini,” ungkap Tolentino dikutip Inquirer, Senin (9/5/2022).

Padahal, seharusnya Gebbie menjadi salah satu dari 16 delegasi Filipina di cabor akuatik. Kini, peluang Filipina untuk merebut medali dari cabor ini pun akan semakin berat.

Sebelumnya, tercatat ada tiga atlet Filipina lainnya yang positif Covid-19. Namun, pada akhirnya mereka bisa memasuki Vietnam, setelah menjalani pengetesan ulang.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1356 seconds [12]