Netting | Detail

Perbedaan Ranking Dunia BWF dan Ranking BWF World Tour Finals

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 23 Juni 2022, 06:20 WIB
Perbedaan Ranking Dunia BWF dan Ranking BWF World Tour Finals
Fajar Alfian dan M Rian Ardianto juara Indonesia Masters 2022 (Foto: Faisal Rahman/MPI)

ADA dua sistem pemeringkatan (ranking) yang dimiliki pebulutangkis profesional di bawah naungan BWF. Pertama adalah Ranking Dunia (BWF World) dan kedua Ranking World Tour Finals. Meski sekilas terlihat sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Dimulai dari Ranking BWF World atau Ranking Dunia terlebih dahulu. Hal yang secara jelas beda dari Ranking World Tour Finals adalah tujuan dan cara perhitungan poin.

Ranking BWF World bertujuan untuk tolak ukur atas kualitas pemain bulutangkis di level teratas dunia. Kendati demikian, ranking ini tidak mempengaruhi penempatan pemain dalam turnamen tertentu.

Viktor Axelsen
Viktor Axelsen saat menjuarai Indonesia Open 2022

Penentuan ranking dunia ini pun diambil dari cara perolehan total poin pemain dalam 52 pekan sebelumnya. Pemain yang mengikuti turnamen lebih banyak tidak serta merta mendapatkan poin lebih banyak dari lainnya.

Melainkan perhitungan itu merupakan akumulasi 10 pertandingan dengan skor tertinggi dalam 52 pekan terakhir. Jumlah poin yang didapatkan setiap turnamennya berbeda-beda tergantung kelas turnamen dan aturan poin yang ditetapkan BWF.

Misalnya, dalam turnamen kelas 1 seperti Kejuaraan Dunia dan Olimpiade, juara 1 akan mendapat 13.000 poin. Sementara juara 1 di turnamen kelas 2 atau Super 1000 - Super 100  akan mendapatkan poin 12.000 - 5.500 poin.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1369 seconds [12]