logo
Ragam Lainnya | Detail

Perbedaan Headstand dan Handstand dalam Senam Lantai

Tim Sportstars
Jum'at, 04 November 2022, 17:10 WIB
Perbedaan Headstand dan Handstand dalam Senam Lantai
Perbedaan Headstand dan Handstand dalam Senam Lantai (Foto: iStock)

PERBEDAAN headstand dan handstand dalam senam lantai sering menjadi bahasan dalam ujian sekolah maupun praktik di lapangan. Senam lantai merupakan gerakan senam yang dilakukan di atas matras, di mana gerakannya terdiri dari sikap lilin, guling depan, guling belakang, guling lenting, kayang, loncat harimau, serta headstand dan handstand.

Headstand adalah sikap berdiri terbalik dengan kepala berada di bawah dan kedua tangan diposisikan di samping kepala sebagai tumpuan. Sedangkan handstand adalah sikap tegak yang bertumpu pada kedua tangan dengan siku-siku lurus, serta kedua kaki yang rapat dan diluruskan ke atas. 

Manfaat gerakan ini salah satunya melatih keseimbangan tubuh, mengalirkan oksigen dan darah ke kepala, memperkuat otot, juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Meski memiliki manfaat yang sama, tetap ada perbedaan headstand dan handstand dalam senam lantai. Berikut perbedaan headstand dan handstand yang telah dirangkum Sportstars.id dari berbagai sumber.

Perbedaan Headstand dan Handstand dalam Senam Lantai

Perbedaan headstand dan handstand terletak pada teknik yang digunakan. Lebih jelasnya, berikut cara melakukan headstand dan handstand dalam senam lantai.

Cara melakukan headstand

Ada dua cara untuk melakukan gerakan headstand. Pertama, gerakan berdiri menggunakan dahi dengan kedua telapak tangan yang bersama-sama membentuk segitiga sama sisi. Adapun cara melakukannya:

  • Buat dasar segitiga sama sisi antara kedua tangan dan dahi. 
  • Badan dalam posisi tegak dan kedua ujung kaki dalam keadaan lurus.
  • Kedua kaki mendorong anggota badan ke depan secara perlahan. 
  • Sembari menjaga keseimbangan tubuh, angkat kedua kaki pelan-pelan ke atas. Kaki dapat dinaikkan secara bergantian atau bersamaan. 
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1992 seconds [12]