logo
Netting | Detail

Perbedaan BWF World Tour Finals dan Kejuaraan Dunia BWF

Admiraldy Eka Saputra
Rabu, 16 November 2022, 06:02 WIB
Perbedaan BWF World Tour Finals dan Kejuaraan Dunia BWF
Marcus/Kevin di BWF World Tour Finals 2021 (Foto: BADMINTON PHOTO)

BERIKUT perbedaan BWF World Tour Finals dan Kejuaraan Dunia BWF. Bagi pecinta bulu tangkis dua turnamen ini menjadi yang paling ditunggu. Meski sekilas terdengar sama, BWF World Tour Finals dan Kejuaraan Dunia BWF merupakan dua turnamen berbeda.

BWF World Tour Finals

Kita mulai dari BWF World Tour Finals. Turnamen ini menjadi penutup rangkaian turnamen sepanjang tahun. Biasanya, BWF World Tour Finals digelar sekitar bulan Oktober hingga Desember.

BWF World Tour Finals merupakan turnamen grade 2. Sejumlah turnamen yang berada satu level adalah BWF World Tour Super 1000, BWF World Tour Super 750, BWF World Tour Super 500, BWF World Tour Super 300 hingga yang paling rendah BWF World Tour Super 100.

Anthony Sinisuka Ginting (Foto: Faisal Rahman/MPI)
Anthony Sinisuka Ginting (Foto: Faisal Rahman/MPI)

Turnamen elit ini hanya diikuti oleh 8 peserta pada masing-masing sektor yang diambil dari klasemen BWF World Tour (rangkaian turnamen sejak awal tahun). Selain masuk dalam peringkat 8 besar, ada pula beberapa syarat lain yang wajib dipenuhi para peserta BWF World Tour Finals. Yakni tiap negara maksimal hanya bisa meloloskan 2 wakil untuk tiap sektor.

Tahun ini, BWF World Tour Finals yang sebelumnya dijadwalkan digelar di China akan berpindah ke Thailand. Pandemi Covid-19 yang kembali melonjak di China menjadi salah satu alasan pemindahan lokasi pertandingan.

Jadwal pertandingan pun ikut berubah bersamaan dengan pindahnya lokasi turnamen penutup akhir tahun tersebut. Bakal digelar lebih awal, BWF World Tour Finals 2022 akan dimulai pada 7-11 Desember mendatang.

Kejuaraan Dunia BWF

Kejuaraan Dunia BWF merupakan turnamen dengan grade 1. Pada olahraga bulu tangkis, ajang ini setara dengan Piala Sudirman, Thomas&Uber Cup hingga Olimpiade yang juga berada di grade atau level yang sama.

Kejuaraan Dunia atau BWF World Championships yang sebelumnya bernama IBF World Championships mulai dipertandingkan pada 1977. Turnamen ini diiukuti oleh atlet-atlet bulu tangkis dari negara-negara anggota BWF.

Kejuaraan Dunia BWF 2022 telah rampung digelar pada Agustus lalu. Mirisnya, Indonesia gagal meraih gelar juara pada edisi kali ini. Prestasi terbaik didapat pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang meraih medali perak usai kalah dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) di babak final.
Ā 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1757 seconds [13]