logo
Sportainment | Detail

Perbedaan Bulking dan Cutting untuk Membentuk Tubuh Ideal

Intan Rachmasari
Kamis, 11 Agustus 2022, 00:20 WIB
Perbedaan Bulking dan Cutting untuk Membentuk Tubuh Ideal
ilustrasi (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Perbedaan bulking dan cutting memang perlu diketahui untuk membentuk tubuh ideal. Tubuh indah ideal dengan jumlah otot yang maksimal bisa didapatkan dengan beberapa cara. 

Salah satu cara dengan olahraga, yang dikenal efektif untuk meningkatkan massa otot tubuh. Selain melakukan olahraga yang maksimal, mengatur asupan makanan harian juga sangat penting untuk diperhatikan.

Sementara strategi untuk meningkatkan massa otot adalah dengan bulking dan cutting. Apa perbedaan keduanya? Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan merangkum informasi perbedaan bulking dan cutting. Berikut informasinya;

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, (kiri) mengerahkan seluruh tenaga mengangkat beban dalam latihan di gym fitness center JA (Jebel Ali) Resorts and Hotels, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (21/5/2021) pagi. (Foto: PSSI)

Perbedaan Bulking dan Cutting untuk Membentuk Tubuh Ideal 

Secara singkat bulking dan cutting memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membentuk tubuh ideal dengan cara meningkatkan massa otot. Dibalik kesamaan tersebut, ternyata bulking dan cutting memiliki cara pelaksanaan yang berbeda. 

Adapun perbedaan bulking dan cutting sebagai berikut :

  1. Pengertian Bulking dan Cutting

Diawali dari pengertian bulking yaitu, bulking adalah salah satu strategi untuk meningkatkan massa otot dengan cara mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan berat badan dengan jumlah kalori harian lebih banyak daripada kalori yang dibutuhkan tubuh. 

Sedangkan cutting adalah strategi untuk mempertahankan kondisi otot dengan cara memotong jumlah kalori harian dengan tujuan untuk mengurangi kadar lemak pada bagian tubuh tertentu seperti paha dan perut. 

  1. Asupan Makanan saat Bulking dan Cutting

Saat bulking memang dianjurkan untuk memakan makanan dengan jumlah kalori lebih tinggi dari kalori yang dibutuhkan tubuh. Makanan yang dapat dikonsumsi saat bulking seperti makanan yang mengandung protein dengan rendah lemak, kacang-kacangan, karbohidrat berkualitas tinggi, sayur sayuran hijau, buah buahan seperti pisang, lemak sehat seperti alpukat, dan lain lain. 

Makanan seperti pizza, burger, roti manis dan sejenisnya tetap boleh dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan. Sedangkan saat cutting fokus pada makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Ini akan mendukung penurunan berat badan secara bertahap dan pemeliharaan otot. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1815 seconds [13]