logo
Hobi | Detail

Perbedaan Bodybuilding dan Fitness yang Wajib Diketahui Pemula

Intan Rachmasari
Jum'at, 22 Juli 2022, 08:32 WIB
Perbedaan Bodybuilding dan Fitness yang Wajib Diketahui Pemula
Olahraga dengan barbel ini bisa menguatkan otot lengan dan bahu (Foto: Body Building).

JAKARTA-Perbedaan bodybuilding dan fitness banyak belum diketahui oleh orang - orang. Tak jarang para pemula menganggap bodybuilding dan fitness adalah dua hal yang sama. 

Dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang bodybuilder dan fitness model hampir sama. Ternyata ada hal  yang menjadikan kedua hal ini memiliki perbedaan. Perbedaan dari kedua hal ini terbilang cukup mendasar.

Dilansir dari beberapa sumber Sportstars merangkum perbedaan bodybuilding dan fitness yang belum diketahui oleh orang awam.

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, (kiri) mengerahkan seluruh tenaga mengangkat beban dalam latihan di gym fitness center JA (Jebel Ali) Resorts and Hotels, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (21/5/2021) pagi. (Foto: PSSI)

Perbedaan Bodybuilding dan Fitness

Selain memiliki perbedaan, bodybuilding dan fitness juga memiliki kesamaan. Kedua kegiatan ini bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi proporsional dan meningkatkan kesehatan. Bodybuilding dan fitness juga bertujuan untuk meningkatkan massa otot sehingga tubuh terlihat dengan bentuk ideal. 

Tidak jarang seorang bodybuilder dan fitness model membentuk tubuhnya untuk ikut serta dalam sebuah kompetisi. Dalam kompetisi ini dimana massa otot akan menjadi poin penilaian.

Perbedaan keduanya terlihat mendasar. Bodybuilding ternyata sudah lebih dulu ada daripada fitness. Bodybuilding mulai berkembang pada tahun 1960 - an di Uni Soviet, sedangkan fitness baru muncul setelahnya. 

Pada proses latihan nya juga seorang bodybuilder lebih mengutamakan besarnya otot pada tubuh bagian atas atau upper body hingga otot bagian bawah atau lower body. 

Otot yang terlihat pada kegiatan bodybuilding cenderung terlihat besar dan kering. Latihan untuk bodybuilding fokus pada beban maksimal dengan repetisi yang rendah. Tujuan dari bodybuilder biasanya untuk mengikuti kompetisi binaragawan.

Sedangkan fitness kegiatannya berbeda dengan bodybuilding. Pada fitness beban yang digunakan akan bertahap sesuai kemampuan dan jumlah repetisi yang banyak. Sehingga pada fitness lebih tubuh akan terlihat lebih proporsional dengan definisi otot yang jelas dan menyebar pada setiap bagian tubuh. 

Demikian informasi mengenai perbedaan bodybuilding dan fitness yang perlu diketahui orang - orang. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1597 seconds [12]