Hobi | Detail

Perbedaan Antara Jalan Dengan Lari Terletak Pada? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Tim Sportstars
Jum'at, 14 Januari 2022, 08:08 WIB
Perbedaan Antara Jalan Dengan Lari Terletak Pada? Berikut Penjelasan Lengkapnya
Perbedaan antara jalan dengan lari salah satunya dari pijakan kaki saat melakukan aktivitas. (Foto: Reuters)

PERBEDAAN antara jalan dengan lari sering menjadi pertanyaan saat ini. Atletik merupakan dasar dari segala macam olahraga dikarenakan gerakan dalam atletik merupakan gerakan alamiah. 

Atletik merupakan aktivitas jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar. Untuk mencapai hasil maksimal dalam setiap gerakan atletik, diperlukan latihan baik fisik, teknik, lari, lempar, maupun lompat.

Jalan adalah gerak perpindahan tubuh dari posisi ke posisi lainnya dengan melangkahkan kaki dengan lambat atau tidak tergesa-gesa. Sedangkan lari adalah gerakan kedua kaki dengan cepat yang di setiap langkahnya dan tergesa-gesa untuk mengejar suatu tujuan tertentu.

Tetapi, antara gerakan jalan dan gerakan lari merupakan dua konsep yang memiliki gerakan hampir sama, yaitu mengenai gerakan perpindahan langkah kaki. Perbedaan antara jalan dengan lari terletak pada cara kaki menapak. Untuk mengetahui letak perbedaannya, berikut sedikit ulasan mengenai perbedaan antara jalan dengan lari.

Perbedaan Antara Jalan dan Lari

Jalan

Jalan adalah suatu gerakan melangkah ke segala arah dilakukan oleh siapa saja dan dilakukan sedemikian rupa, dimana salah satu kaki selalu berhubungan/kontak dengan tanah. Gerakan berjalan itu berbeda beda tergantung pada tujuan yang kita inginkan. 

Jalan kaki dan berlari memiliki perbedaan. (Foto: crmcinc)

Gerakan kaki. 

  • Gerak dorong dari kaki belakang.
  • Kaki mendarat dimulai dengan tumit.
  • Gerakan kaki mendatar bukan melompat. 
 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1716 seconds [12]