Ragam Lainnya | Detail

Macam-Macam Perbedaan antara Jalan dan Lari

Johana Joy Artamira
Selasa, 10 Mei 2022, 07:40 WIB
Macam-Macam Perbedaan antara Jalan dan Lari
Terdapat beberapa perbedaan antara berjalan dan lari walaupun merupakan aktivitas hampir sama

JAKARTA– Jalan dan lari merupakan dua aktivitas yang berkaitan dengan olahraga. Meskipun sama – sama olahraga, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas. Dalam berbagai tips kesehatan selalu menyebutkan jalan dan lari sebagai syarat gaya hidup sehat. Di momen pasca lebaran dan hari besar lainnya seringkali masyarakat memilih jalan dan lari sebagai sarana membakar kalori.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, lari adalah aktivitas melangkahkan kaki dengan cepat yang pada setiap langkahnya kedua kaki tidak menjejak tanah. Sementara, jalan merupakan gerakan yang dilakukan dengan memindahkan tubuh dari satu posisi ke posisi yang lain menggunakan langkah kaki.

Secara umum, ketika berjalan Anda hanya akan menggunakan kaki, sedangkan tubuh tidak akan bergerak. Tapi ketika lari, seluruh anggota tubuh akan bergerak. Perbedaannya terletak pada tumpuan antara jalan dan lari juga mencolok.

Perbedaan antara Jalan dan Lari

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah perbedaan antara jalan dan lari;

Teknik Gerakan

Pada saat berjalan, kedua kaki akan senantiasa memiliki kontak dengan tanah. Anggota tubuh yang lain pun ketika berjalan tidak akan bergerak. Hanya kaki yang melakukan pergerakan. Sementara ketika lari, kontak dengan tanah tidak terasa karena tubuh akan melayang untuk beberapa detik hingga kemudian menginjak tanah lagi. Selain itu pada saat berlari, semua anggota tubuh turut bergerak.

Kecepatan

Perbedaan selanjutnya terletak pada sisi kecepatan. Dalam aktivitas berjalan memiliki rata – rata kecepatan yaitu 5 km/jam. Sedangkan jalan cepat adalah sekitar 8 km/jam. Kemudian, untuk berlari tentu mempunyai kecepatan yang lebih tinggi. Kecepatan seseorang dalam berlari bisa mencapai hingga sekitar 10 km/jam. Bahkan, lari cepat mampu mencapai 44 km/jam.

Tidak ketinggalan, perbedaan lainnya adalah tingkat risiko. Dalam olahraga lari diketahui mempunyai tingkat resiko cedera yang lebih tinggi daripada berjalan. Karena tubuh akan bergerak intens sehingga beresiko. Khususnya bagi yang memiliki berat badan berlebih maka disarankan untuk melakukan olahraga jalan terlebih dulu dibandingkan berlari. Ini karena risiko jalan jauh lebih minim sehingga lebih aman.
 

Editor : Tim Sportstars

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1510 seconds [12]