Hobi | Detail

Perbedaaan Gerak Dasar Lokomotor dan Non Lokomotor

Fitradian Dhimas Kurniawan
Jum'at, 10 September 2021, 14:24 WIB
Perbedaaan Gerak Dasar Lokomotor dan Non Lokomotor
Gerak dasar lokomotor dan non lokomotor banyak dilakukan untuk menjunjang aktivitas olahraga. (Foto: Reuters)

DALAM berolahraga, terdapat istilah yang dikenal sebagai gerak dasar lokomotor dan juga non lokomotor. Namun, belum banyak yang mengetahui apa yang membedakan keduanya.

Tidak hanya dalam olahraga, gerak dasar lokomotor dan non lokomotor juga terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaannya masih sangat berkaitan dengan olahraga. Pada dasarnya, gerak lokomotor adalah suatu aktivitas yang mana bagian tubuh bergerak. Melalui gerakan tersebut, maka tubuh pun dapat bergerak dari satu titik ke tempat lainnya.

Kegiatan yang termasuk dalam gerak dasar lokomotor antara lain berlari, melompat, berjalan, dan memanjat. Selain itu, terdapat juga berjingkat, merayap, menderap dan gerakan lainnya. Sementara gerak dasar non lokomotor, sejumlah bagian tubuh juga bergerak. Hanya saja, aktifitas ini tak menyebabkan tubuh berpindah ke tempat lainnya, alias statis di satu titik saja.

Sejumlah aktivitas pun bisa dikategorikan dalam gerak dasar non lokomotor. Sebut saja antara lain memutar, menggeleng, membungkuk, dan juga mengayunkan tangan atau kaki. 

Biasanya, gerakan non-lokomotor kerap digabungkan dengan gerakan lokomotor. Contohnya terdapat dalam olahraga sepak bola. Dalam olahraga ini, seorang pemain melakukan gerakan lokomotor berupa lari.

Namun, ketika hendak melepaskan tendangan, salah satu kaki juga diayunkan dengan keras, hingga tercipta sebuah tendangan. Hal ini merupakan satu dari banyak contoh gerak yang mengkombinasikan keduanya. 

Meski begitu, tidak semua gerakan olahraga harus menggabungkan keduanya. Terdapat beberapa olahraga yang membuat para atletnya hanya perlu melakukan salah satu di antaranya.

Tentunya mayoritas olahraga membutuhkan gerak dasar lokomotor. Paling sederhana adalah lari, yang harus dilakukan mayoritas olahragawan seluruh dunia. Walau demikian, bukan berarti tidak ada olahraga yang hanya membutuhkan gerak dasar non-lokomotor. Salah satunya adalah lempar cakram yang hanya butuh berputar dan melempar, atau angkat besi yang membutuhkan seorang atlet untuk mengangkat.
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1336 seconds [12]