logo
Tim Nasional | Detail

Perbandingan STY dengan Pelatih Asing yang Pernah Melatih Timnas Indonesia, Siapa Lebih Baik?

Ajeng Wirachmi
Kamis, 19 Januari 2023, 12:10 WIB
Perbandingan STY dengan Pelatih Asing yang Pernah Melatih Timnas Indonesia, Siapa Lebih Baik? 
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memantau latihan terakhir jelang laga Piala AFF 2022 di SUGBK (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

NAMA pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belakangan tengah menjadi perhatian karena gagal mengantarkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Bahkan, STY tidak berhasil membawa skuad Garuda masuk ke babak final. 

Akan tetapi STY bukan satu-satunya pelatih asing yang pernah memimpin Skuad Garuda. Sejumlah pelatih asing pernah tercatat sudah lebih dulu mencoba peruntungan mereka di ajang Piala AFF. 

Siapa sajakah mereka dan bagaimana performa mereka dibandingkan STY? Berikut informasi lengkapnya.

1. Shin Tae-yong

STY menangangi Timnas Indonesia pada Desember 2019. Ketika mulai menangani timnas, STY terkenal sebagai pelatih yang sangat disiplin dan memperhatikan pola makan anak-anak asuhnya. 

Diungkap asisten pelatih Nova Arianto, STY adalah sosok pelatih yang sangat menjunjung tinggi kedisiplinan. Dia pun gemar menggunakan skema 4-4-2, sehingga winger kanan dan kiri mampu membantu penyerang dengan mudah. 

Kombinasi pemain yang diracik STY dinilai lebih bervariasi, dibandingkan dengan pelatih lain. Sederet prestasi pernah dipersembahkan STY dan skuad Garuda, di antaranya adalah medali perunggu di ajang SEA Games 2021, runner-up piala AFF tahun 2020, dan berhasil lolos di ajang Piala Asia 2023.

2. Simon McMenemy

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon Mcmenemy (Foto: Istimewa)

Sebelum STY, kursi kepelatihan diduduki oleh Simon McMenemy. Pria kelahiran Aberdeen, Inggris, 6 Desember 1977 itu menjadi pelatih skuad Merah Putih periode 20 Desember 2018-6 November 2019. 

Walau singkat, bukan berarti karier Simon McMenemy tidak menorehkan sejarah. Dia berhasil menarik beberapa pemain naturalisasi top untuk memperkuat skuad timnas. 

Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, dan Ilija Spasojevic, adalah para pemain unggul yang dinaturalisasi di era kepelatihannya. Sayangnya, McMenemy tidak berhasil mengantarkan timnas Indonesia mendapatkan gelar juara apa pun. Dia dipecat PSSI karena performanya dianggap buruk selama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2867 seconds [13]