Ragam Lainnya | Detail

Peraturan Renang Gaya Kupu-Kupu

Wikku D. Nugroho
Selasa, 21 Juni 2022, 02:33 WIB
Peraturan Renang Gaya Kupu-Kupu
Peraturan renang gaya kupu-kupu wajib diketahui dan dipatuhi. (Foto: Reuters/Marko Djurica)

JAKARTA–Setiap atlet renang harus mengetahui peraturan renang gaya kupu-kupu. Karena renang gaya kupu-kupu merupakan olahraga yang sangat populer di masyarakat. Dalam sejarah renang terdapat beberapa macam gaya antara lain gaya bebas, dada, punggung, dan kupu-kupu.

FINA selaku badan olahraga internasional telah membuat peraturan setiap gaya renang, termasuk gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu juga memiliki nama lain yaitu gaya lumba-lumba. Dinamakan demikian karena gayanya mirip lumba-lumba yang sedang berenang.

Adapun peraturan renang gaya kupu yang telah ditetapkan. Ingin tahu apa saja Peraturan Renang Gaya Kupu-Kupu? Simak informasi berikut ini.

Peraturan Renang Gaya Kupu-Kupu

1. Peraturan Gaya

Pertama tubuh dihadapkan ke dalam permukaan air. Ketika berenang kedua tangan diayunkan ke depan dan belakang secara bersamaan. Pengambilan napasnya perenang mengangkat badannya ke atas dan ambil napas dan keluarkan udara lewat mulut. Keluarkan udara di mulut ketika di dalam air. Kedua kaki ditekuk kemudian didorong ke belakang.

2. Peraturan Start / Mulai

Sama seperti perlombaan gaya lain, perenang gaya kupu-kupu diharuskan berdiri di atas balok start. Tubuh bagian depan menghadap ke area renang.

3. Peraturan Perlengkapan Renang

FINA sebagai Federasi Renang Internasional telah menetapkan perlengkapan renang. Adapun kacamata yang digunakan perenang adalah merek atau produk yang sudah ditetapkan dan terdaftar di FINA.

Perenang diperbolehkan menggunakan lensa kacamata renang minus. Hal yang sama juga diberlakukan untuk topi dan pakaian renang. Perenang tidak diperbolehkan menggunakan perlengkapan renang yang dapat mempengaruhi kecepatan seperti kaki katak, sarung tangan berselaput dan lainnya.

Demikian peraturan renang gaya kupu-kupu. Semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1407 seconds [13]