logo
Basket | Detail

Peraturan Dribbling dalam Permainan Bola Basket, Mana Paling Dikuasai?

Tim Sportstars
Selasa, 09 Agustus 2022, 20:27 WIB
Peraturan Dribbling dalam Permainan Bola Basket, Mana Paling Dikuasai?
Pemain Timnas Jordania melakukan driblling dalam bola basket, Freddy Ibrahim (Foto: FIBA)

JAKARTA  - Peraturan dribbling dalam bola basket menjadi salah satu dasar dalam olahraga nomor 1 di Amerika Serikat ini. Apalagi, dalam setiap olahraga, peraturan selalu dibuat agar berjalannya pertandingan secara positif. 

Pada dasarnya, tujuan melakukan dribble dalam permainan bola basket adalah untuk melewati adangan lawan serta mendekati target. Permainan bola basket memiliki peraturan dribbling dimana ketika terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan turnover dimana akan terjadi perpindahan bola dan bola akan dilempar ke dalam dari garis lapangan terdekat dengan posisi terjadinya pelanggaran.

Basket sudah berkembang sejak 1600 SM. Di masa itu, bola tidak hanya digunakan sebagai sarana berolahraga, tapi juga tujuan keagamaan dan ritual. Ollamaliztli merupakan salah satu olahraga religius yang tumbuh di Mesoamerika sekitar tahun 1600 SM.

Dalam permainan ini, pemain terbagi ke dalam dua tim dan harus mempertahankannya dengan cara mengoper bolak balik bola yang dimainkan. Sekilas, olahraga ini mirip dengan voli karena setiap tim terdiri dari 4-5 orang pemain.

Melihat Tim Bola Basket Papua Latihan Menjelang Pembukaan Secara Resmi  

Peraturan Dribbling dalam Bola Basket

  • Pemain dapat menggiring bola ke arah mana saja selama pemain berada di dalam lapangan. 
  • Pemain hanya dapat menggunakan satu waktu ketika menggiring bola (jika pemain menyentuh bola dengan kedua tangan secara bersamaan, maka pemain akan kehilangan dribble dan pemain dapat mengoper atau menembak bola).
  • Pemain dapat mengambil dua langkah setelah menggiring bola. 
  • Pemain dapat memantulkan bola setinggi yang diinginkan dengan posisi tangan tetap diatas bola. 
  • Pemain tidak dapat menahan bola ketika bola bergerak di udara.
  • Pemain tidak dapat berhenti menggiring bola lalu melanjutkan kembali.
  • Pemain tidak dapat melakukan umpan silang ke setengah lapangan jika pemain telah menggiring bola melewati setengah lapangan

Demikian informasi mengenai peraturan dribbling dalam permainan bola Basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. (Leonardo Silitonga)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1728 seconds [13]