Liga Italia | Detail

Perancang Wasit Liga Italia Gianluca Rocchi: VAR 90% Efektif, Tapi...

Basudiwa Supraja
Kamis, 23 Juni 2022, 14:40 WIB
Perancang Wasit Liga Italia Gianluca Rocchi: VAR 90% Efektif, Tapi...
Perancang wasit Serie A Liga Italia Gianluca Rocchi

ROMA - Perancang wasit Serie A Liga Italia Gianluca Rocchi, menjawab atas segala kegaduhan terkait protes yang terjadi sepanjang musim 2021-2022. Menurutnya kompetisi telah berjalan dengan baik dengan bantuan Video Assitant Referee (VAR).

Rocchi seakan memberikan sindiran berkelas dalam pernyataannya. VAR disebut telah 90 persen mengurangi kesalahan wasit. Dia pun menjelaskan teknologi tersebut tetap dianggap gagal jika semua orang hanya memandang sisa 10 persen dari kekurangan VAR.

“Ekspektasi benar-benar naik. Fakta bahwa kami mengurangi 90 persen kesalahan tampaknya tidak diperhatikan, karena orang-orang hanya fokus pada 10 persen yang tersisa,” ujar Rocchi, dikutip dari Football Italia, Kamis (23/6/2022).

Sekadar informasi, sejumlah protes banyak dilayangkan oleh para kontestan Liga Italia. Musim 2021-2022 bahkan dinilai paling kontroversial yang diprotes oleh AC Milan, Inter Milan, Atalanta, dan AS Roma.

Pelatih AC Milan Stefano Pioli diklaim telah menganggap wasit Liga Italia terlalu sering meniup peluit karena beberapa kesalahan pemain. Hal ini dirasa menjadi suatu kejanggalan.

Namun Rocchi justru sebaliknya yakin musim 2021-2022 yang telah lalu itu bisa menjadi pertanda baik atas kemajuan sepak bola. Dia juga banyak menurunkan wasit muda di lapangan.

Hal itu tidak lain demi memperkuat laju generasi selanjutnya di masa mendatang. Dia tetap menerima kritikan yang diberikan karena menurunkan banyak wasit muda tersebut.

"Pasti positif dan ini menjadi pertanda baik untuk masa depan, karena kami berinvestasi dalam sekelompok wasit muda yang benar-benar dapat tumbuh menjadi ofisial hebat. Jika saya dikritik karena memberikan waktu di lapangan kepada ofisial yang lebih muda, saya akan menerimanya,” pungkas Rochi.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1371 seconds [12]