logo
Hobi | Detail

Peralatan dalam Olahraga Lompat Jauh

Wikku D. Nugroho
Kamis, 15 September 2022, 23:55 WIB
Peralatan dalam Olahraga Lompat Jauh
Peralatan dalam Olahraga Lompat Jauh. (Foto: commonwealthgames).

JAKARTA- Peralatan dalam olahraga lompat jauh menarik untuk diulas kali ini. Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang dalam nomor atletik. 

Adapun olahraga satu ini mengutamakan kekuatan lompatan guna mencapai titik jatuh tertentu. Bukan hanya itu, para atlet lompat jauh juga hendaknya memahami teknik-teknik dasar lompat tinggi antara lain teknik awalan, teknik lepas landas, teknik melayang di udara dan teknik pendaratan. 

Namun sebelum melatih semua itu, dibutuhkan peralatan yang dapat menunjang latihan para atlet lompat jauh. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai peralatan dalam olahraga lompat jauh;

Peralatan dalam Olahraga Lompat Jauh

Menurut dari beberapa sumber terpercaya, berikut peralatan dalam olahraga lompat jauh. 

Lapangan Area Lompat Jauh

Atlet Swedia Khaddi Sagnia berusaha mencapai titik jatuh terjauh yang menjadi tujuan utama lompat jauh. (Foto: @@Gloria_Sports)

Lapangan area lompat jauh merupakan peralatan utama dalam sebuah olahraga lompat jauh. Adapun aturan panjang dari lapangan lompat jauh adalah 131 kaki atau 40 meter. 

Papan Pijakan Lompat Jauh

Olahraga Lompat Jauh (Foto: Shutterstok)

Papan pijakan lompat jauh diletakkan 1 meter atau 3,3 kaki dari permukaan tanah. Jarak tersebut merupakan jarak dari area landasan pijakan lompat jauh. 

Bak Pasir

Peraturan perlombaan lompat jauh menyebutkan masing-masing pelompat hanya punya waktu 1,5 detik (Foto: Reuters/Cathrin Mueller)

Bak pasir ini digunakan sebagai area pendaratan lompat jauh. Adapun aturan dari bak pasir ini adalah 2,75 meter atau 9 kaki. Selain itu bak pasir juga memiliki lebar 3 meter atau 9,8 kaki. 

Pita Ukur

Pita ukur ini digunakan untuk mengukur jarak lompatan yang telah dicapai oleh para atlet lompat jauh. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai Peralatan dalam olahraga lompat jauh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1899 seconds [13]