logo
F1 | Detail

Pensiun dari F1, Ini Profil Sebastian Vettel sang Juara Dunia 4 Kali

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 28 Juli 2022, 18:30 WIB
Pensiun dari F1, Ini Profil Sebastian Vettel sang Juara Dunia 4 Kali
Sebastian Vettel empat kali juara dunia F1 bersama Red Bull Racing (Foto: Red Bull Racing)

MOGYOROD - Sebastian Vettel secara resmi mengumumkan untuk pensiun dari F1 di akhir 2022. Kabar Sebastian Vettel pensiun di akhir F1 2022 membuat sejumlah pihak begitu terkejut, mengingat prestasi yang diraih oleh pembalap asal Jerman itu.

Lahir di Heppenheim, Jerman, Vettel tertarik dengan dunia balap sejak kecil. Ketika itu, dia begitu terinspirasi oleh pembalap Jerman lainnya, Michael Schumacher.

Vettel bahkan sudah mulai balapan karting sejak masih berusia tiga tahun. Kemudian pada 1998, dia mendapat dukungan dari perusahaan asal Austria, Red Bull, dan mendapat berbagai gelar saat masih berkarier di karting.

Langkah Vettel di ajang balap Formula lalu dimulai pada 2003. Dia mengikuti sejumlah ajang junior, sebelum akhirnya menjadi juara Formula BMW 2004. Sejak itu, bakatnya pun mulai terdeteksi.

Kebetulan, ketika itu BMW masih berada di F1. Tidak lama, Vettel pun direkrut sebagai penguji coba oleh tim Sauber BMW sejak 2006. Secara mengejutkan, peluang debut datang setahun kemudian.

Pada GP Kanada 2007, pembalap BMW, Robert Kubica mengalami kecelakaan parah. Hal itu membuatnya harus absen dari GP Amerika Serikat 2007. BMW pun memanggil Vettel sebagai pembalap cadangan.

Ketika itu, Vettel menjadi pembalap termuda yang pernah mengikuti balap F1. Balapan pertamanya pun cukup bagus, karena dapat memulainya dari posisi ketujuh dan finis di peringkat kedelapan.

Hasil itu membuat Red Bull tertarik untuk memberikannya kursi. Bahkan, mereka langsung membuat BMW melepaskan Vettel, dan langsung membela Scuderia Toro Rosso sejak GP Hungaria 2007.

Kemenangan pertama Vettel di F1 pun kemudian datang tidak lama kemudian. Karena secara mengejutkan, Vettel merebut pole position pertama bersama Toro Rosso di GP Italia 2008.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1610 seconds [12]