logo
Bola Lainnya | Detail

Pengertian Tendangan Penalti dalam Permainan Sepak Bola

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 21:16 WIB
Pengertian Tendangan Penalti dalam Permainan Sepak Bola
Berikut pengertian tendangan penalti dalam permainan sepak bola seperti yang dilakukan striker AC Milan Olivier Giroud (Foto: Reuters/Daniele Mascolo)

JAKARTA - Pengertian tendangan penalti dalam permainan sepak bola akan dibahas dalam artikel ini. Penyebab terjadinya tendangan penalti adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bertahan atau kiper di dalam kotak penalti. 

Tendangan penalti berarti hukuman dari wasit untuk tim yang melakukan pelanggaran di area kotak 16 meter (m). Pelanggaran dilakukan oleh tim yang sedang bertahan, terhadap lawan yang sedang melancarkan serangan. 

Penalti sendiri adalah tendangan yang dilakukan di titik berjarak 11 meter dari gawang. Tendangan penalti dalam permainan sepak bola sering dianggap sebagai kesempatan emas mencetak gol. 

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022), berikut Sportstars.id telah merangkum beberapa kejadian yang menyebabkan terjadinya tendangan penalti dalam permainan sepak bola. Berikut di antaranya:

Pelanggaran Hugo Lloris terhadap Danilo Pereira berbuah penalti (Foto: UEFA)
Tendangan penalti dalam permainan sepak bola terjadi karena pelanggaraan di kotak area 16 meter (Foto: UEFA)
  1. Pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan dengan sebuah kesengajaan.
  2. Menghambat lawan dengan cara menarik jersey dan melakukan pemegangan bagian tubuh.
  3. Melakukan pelanggaran seperti menjegal, mendorong, dan lainnya di dalam kotak penalti.
  4. Penalti juga bisa terjadi ketika kedua kesebelasan bermain imbang hingga 2x90 menit dan 2x15 babak tambahan di sebuah laga yang harus menghasilkan pemenang seperti final. 

Itu tadi pengertian tendangan penalti dalam permainan sepak bola secara umum, ditambah dengan hal-hal yang berkaitan. Semoga artikel pengertian tendangan penalti dalam permainan sepak bola dapat menambah pengetahuan pembaca. 

(Muhammad Farhan)

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1689 seconds [13]