logo
Hobi | Detail

Pengertian, Teknik Dasar, hingga Manfaat Lompat Katak

Johana Joy Artamira
Sabtu, 23 Juli 2022, 05:34 WIB
Pengertian, Teknik Dasar, hingga Manfaat Lompat Katak
Lompat katak memiliki teknik tertentu yang harus dikuasai (Foto: REUTERS/Dylan Martinez).

JAKARTALompat katak adalah melompat seperti katak yang bertumpu pada kedua kaki. Posisi badan dalam keadaan berdiri tegak serta dalam praktiknya tangan tidak menyentuh lantai.

Lompat Katak: Pengertian, Teknik Dasar, hingga Manfaat

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat tiga tahap dalam lompat katak yakni sikap awal, tahap melakukan lompatan, dan sikap akhir. Berikut penjelasannya untuk anda;

Cara Melakukan Lompat Jongkok dan Teknik Dasar Lengkap (Foto: Istimewa)

1. Sikap Awal

Lompat katak diawali dengan berdiri tegak dengan menghadap ke depan serta kaki dalam keadaan rapat. Lalu, jongkok dengan kedua kaki serta lutut ditekuk guna menjaga keseimbangan pada saat melompat.

2. Tahap Melakukan Lompatan

Setelah badan dalam keadaan jongkok, lakukanlah tolakan ke depan dengan kedua kaki. Gerakan melompat ini dilakukan secara berulang – ulang sesuai dengan keinginan.

3. Sikap Akhir

Lakukanlah pendaratan dengan kedua kaki secara bersamaan. Diikuti dengan tubuh dalam posisi jongkok.

Manfaat Lompat Katak

Lompat katak memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh seperti dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kelincahan, dan meningkatkan kecepatan.

Berikut tadi adalah informasi seputar pengertian, teknik dasar, hingga manfaat lompat katak. Semoga pembahasan ini berguna bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1655 seconds [12]