Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Squat Jump dan Manfaatnya Lengkap

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 11:57 WIB
Pengertian Squat Jump dan Manfaatnya Lengkap
Berlatih Squat Jump

JAKARTA-Pengertian squat jump dan manfaatnya haruslah dipahami khususnya yang menggemari aktivitas fisik. Karena bagi para atlet atau orang yang rutin berolahraga mulai dari tenis, bola basket ataupun sepak bola, squat jump mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu meningkatkan performa tubuh. Dengan rutin melakukan gerak squat jump bisa meningkatkan kemampuan otot dan kelincahan tubuh.

Aktivitas squat jump seringkali dikenal sebagai latihan sederhana yang dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan khusus apapun. Latihan ini diketahui melibatkan banyak otot tubuh bagian bawah. Terutama sekali bagian perut, bokong, panggul, tungkai, kaki, dan area paha. K

Pengertian Squat Jump

Squat jump adalah latihan dasar yang meningkatkan kelincahan dan kekuatan serta membantu meningkatkan lompatan vertikal atlet. Latihan ini sering digunakan sebagai langkah awal untuk mengembangkan keterampilan lompat vertikal, lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat kotak. Karena itu banyak atlet yang rutin melakukan aktivitas ini.

Hal ini dapat dilakukan sebagai latihan tunggal atau sebagai kombinasi yang mencakup gerakan tambahan sebelum dan/atau setelah lompat. Beberapa pelatih diketahui menggunakan latihan ini untuk membantu meningkatkan teknik atlet binaannya selama pengangkatan jongkok penuh. Atlet yang bukan profesional juga bisa melakukannya secara mandiri. 

Keunggulan squat jump karena merupakan latihan rumah yang bagus. Aktivitas ini dapat dilakukan di ruangan kecil tanpa peralatan apapun. Sehingga atlet dapat menggunakannya untuk menambahkan interval intensitas tinggi ke dalam latihan kardio.

Manfaat Squat Jump

Berikut adalah manfaat dari squat jump apabila dilakukan secara rutin:

Squat jump melatih banyak kelompok otot. Squat jump mengaktifkan otot-otot kaki seperti paha depan, glutes, dan paha belakang, serta otot inti dan punggung bawah. Squat jump mengembangkan daya ledak. Squat jump menggunakan gerakan eksplosif, yang berarti mereka memaksimalkan aktivasi otot dalam waktu yang lebih singkat. Squat jump bisa menjadi latihan kardio yang berguna bagi sprinter dan pelari.

Squat jump juga serbaguna. Karena squat jump merupakan latihan yang mudah dilakukan di luar tempat gym tanpa peralatan tambahan. Selain itu, untuk melakukannya dapat mencoba berbagai jump squats, termasuk box jump squat, lunges, dan weighted jump squat, yang menggabungkan beban bebas seperti dumbbells atau kettlebells.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1321 seconds [12]