Ragam Lainnya | Detail

Sepak Takraw: Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 08:30 WIB
Sepak Takraw: Pengertian, Teknik Dasar dan Peraturan Lengkap
Sepak Takraw dipertandingkan pada PON 2021

JAKARTA- Sepak takraw merupakan jenis permainan bola besar yang menggabungkan dua teknik dari bola voli dan sepak bola. Bola yang digunakan pada sepak takraw menggunakan bahan yang terbuat dari rotan. Sejarahnya, sepak takraw ditemukan atau diciptakan pertama kali oleh Kesultanan Melayu pada tahun 634-713 Masehi. Pada saat itu, sepak takraw masih disebut dengan sepak raga.

Teknik - teknik dasar dan peraturan yang dimiliki olahraga sepak takraw sangat wajib agar atlet mengetahui. Berikut sportstars.id telah merangkum teknik dasar dan peraturan sepak takraw dari berbagai sumber. Yuk simak!

Teknik Dasar Sepak Takraw

Dalam olahraga sepak takraw berarrti. akan melibatkan kelincahan, kelenturan, kekuatan tubuh untuk melakukan berbagai teknik dasar yang dimiliki dalam olahraga sepak takraw sebagai berikut.

Inside Kick 

Teknik dasar pertama yang wajib dipahami yakni inside kick. Inside kick merupakan tendangan yang mendasar dalam olahraga sepak takraw. Tendangan mendasar ini berfungsi untuk mengontrol bola. Cara melakukan inside kick dengan menggunakan bagian dalam kaki untuk menyentuh bola. Sedangkan kaki lainnya bertugas sebagai tumpuannya.

Outside Kick 

Teknik dasar yang kedua yakni outside kick. outside kick merupakan gerakan tendangan pada kaki bagian luar, yang berfungsi untuk mendorong bola ke arah atas. Cara melakukan outside kick dengan menggunakan kaki bagian luar sebagai tumpuan. Sedangkan kaki lainnya menekuk sehingga membentuk sudut 90 derajat sambil mengarah ke luar untuk menyentuh bola. 

Header

Teknik dasar yang ketiga yakni header. Header merupakan teknik dasar pada sepak takraw yang dimana atlet akan membuat bola melayang ke arah atas dengan menggunakan dahi pada kaki bagian luar. Biasanya teknik header akan dilakukan saat bola terlalu tinggi dan sulit dijangkau dengan tendangan.

Horse Kick Serve

Teknik dasar yang keempat yakni horse kick serve. Horse kick serve ini merupakan tendangan tinggi dengan menggunakan kaki. Hal ini berfungsi untuk menendang bola supaya melewati batas bahu dan kepala. Teknik Horse kick serve ini sangat menantang. Selain itu saat melakukan teknik ini para atlet harus mempunyai keterampilan dan fleksibilitas yang tinggi dari atlet. Meskipun rumit dan membutuhkan keterampilan. Namun cukup efektif digunakan untuk mendapatkan poin.

Roll spike 

Teknik dasar yang kelima  yakni roll spike. Roll spike merupakan teknik serangan atau teknik smash. Tetapi teknik ini memiliki unsur akrobatik yang mengacu pada gerakan seperti melompat dengan satu kaki, menggunakan kaki lainnya untuk mendorong melewati bahu yang berlawan.

Peraturan Sepak Takraw 

Peraturan dalam olahraga sepak takraw harus ditaati oleh semua atlet. Apabila salah satu dari atlet tidak mematuhi. Maka dari itu, pemain tersebut akan diberikan sanksi dari wasit atau pihak asosiasi cabang olahraga sepak takraw yang sedang dilakukan. 

Berikut peraturan yang harus ditaati setiap atlet :

Jumlah pemain dalam Tim 

Pada pertandingan resmi sepak takraw, jumlah pemain dalam tim hanya beranggotakan 3 orang. Dimana ketiga pemain tersebut memiliki tugas masing-masing, seperti pemain bertugas sebagai server di tengah lapangan yang disebut sebagai tekong. Kemudian dua pemain lainnya bertugas sebagai feeder dan striker. Feeder adalah pemain yang berada di sebelah kiri dalam sedangkan striker berada di sebelah kanan dalam.Feeder dan striker bertugas untuk mengolah bola di lapangan dan memberikannya kepada tekong yang berdiri di tengah.

Pada permainan sepak takraw tradisional, bola yang digunakan terbuat dari rotan. Tetapi bola yang digunakan dalam pertandingan resmi harus terlebih dahulu disetujui oleh komite resmi setempat. Dalam pertandingan sepak takraw lapangan yang digunakan berukuran 13.4 x 6.1 meter. Net dipasang dengan tiang pancang yang memiliki tinggi 1,5 m untuk pemain pria sedangkan untuk pemain wanita berukuran 1.42 meter.

Sistem Penghitungan Poin dalam Sepak Takraw

Salah satu tim akan mendapatkan poin jika mereka dapat membuat bola menyebrang ke lapangan lawan tanpa bisa dikembalikan.  Selain itu salah satu tim akan mendapatkan poin jika lawan melakukan kesalahan. Permainan sepak takraw akan dilakukan dengan dua set. Masing-masing setnya akan selesai apabila ada regu yang mencapai poin 21. Jika poin masing-masing tim seri di angka 20-20. Maka dari itu, permainan dilanjutkan hingga salah satu tim punya selisih skor sebesar 2 dan maksimal skor yang didapatkan per tim adalah 25.

Selain itu jika salah satu tim menang dalam satu set. Maka dari itu pertandingan akan diberi set tambahan yang disebut sebagai “tie break” dengan skor penentu kemenangan adalah 15 poin. Jika saat tie break skor bertahan seri 14-14. Maka dari itu, permainan dilanjutkan hingga ada tim yang unggul 2 poin atau menyentuh angka maksimal 17 poin.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1391 seconds [13]