Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Sepak Takraw dan Sejarah Lengkapnya

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 10:15 WIB
Pengertian Sepak Takraw dan Sejarah Lengkapnya
Sepak Takraw adalah salah satu olahraga tradisional unik Indonesia

JAKARTA- Pengertian dan sejarah lengkap dari olahraga sepak takraw menjadi penting. Karena memang nama olahraga ini masih asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedangkan jenis olahraga ini sudah rutin dimainkan oleh berbagai lapisan masyarakat sejak masa lampau. Permainan sepak takraw khususnya digemari karena atraktif dan bertempo cepat. Sehingga penonton tidak akan bosan menikmatinya.

Untuk membantu memahami dengan lebih jelas dan dapat mengenal olahraga sepak takraw ini, berikut Sportstars.id telah merangkumnya. Yuk simak penjelasan berikut ini;

Pengertian Sepak Takraw 

Mengutip dari buku "Sejarah dan Teknik Dasar Permainan Sepak Takraw" menjelaskan bahwa sepak takraw merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim akan terdiri dari 3 pemain. Dimana ketiga pemain tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berbeda. Seperti pemain yang berperan sebagai server di tengah lapangan yang disebut sebagai tekong. 

Kemudian terdapat dua pemain lainnya yang bertugas sebagai feeder dan striker. Feeder adalah pemain yang berada di sebelah kiri dalam, sedangkan striker berada di sebelah kanan dalam. Para Feeder dan striker bertugas untuk mengolah bola di lapangan dan memberikannya kepada tekong yang berdiri di tengah.

Pengertian Sepak Takraw Menurut Para Ahli 

  • PB. PERSETASI (1999:16) 

Menurut lembaga ini, sepak takraw merupakan bagian dari cabang olahraga beregu. Sepak takraw dapat dimainkan di atas lapangan yang berbentuk persegi panjang, dengan permukaan yang rata. Kemudian bisa dilakukan baik di tempat terbuka (outdoor) maupun di ruangan tertutup (indoor) yang bebas dari rintangan.

  • Darwis dan Basa (1992:2)

Menurut Darwis dan Basa, sepak takraw adalah penggabungan atau campuran dari tiga olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu sepak bola, bola voli, dan bulu tangkis.

  • Sulaiman (2004:2)

Menurutnya sepak takraw merupakan permainan atau olahraga yang menggunakan bola besar. Bola tersebut terbuat dari rotan, kemudian bola yang terbuat dari rotan itu dapat dimainkan di atas lapangan yang datar berukuran panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Dimana terdapat jaring net setinggi 1,55 m sebagai pembatas lapangan.

  • Iyakrus (2012)

Menurut Iyakrus, sepak takraw merupakan olahraga permainan yang menggunakan bola (takraw) yang terbuat dari rotan dan dapat dimainkan di atas lapangan yang berukuran 13,42 m, dan lebar 6,1 m dengan cara dilempar menggunakan kaki.

Sejarah Sepak Takraw 

Sepak takraw merupakan permainan atau olahraga yang cikal bakalnya berasal 500 tahun lalu pada zaman Kesultanan Melayu pada 634-713 M. Pada saat itu, sepak takraw dikenal dalam bahasa Melayu sebagai sepak rago. Permainan atau olahraga ini sebagian besar sering dimainkan oleh orang-orang di istana kerajaan. Kemudian permainan sepak rago makin banyak dikenal dan tersebar di kawasan Asia Tenggara. Tidak ketinggalan bersamaan juga dibuat aturan formalnya pada era tahun 1940-an.

Secara bahasa, sepak takraw terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Melayu yakni “sepak” dan “takraw”. Kata “sepak” memiliki arti menendang. Sedangkan “takraw” berasal dari bahasa Thailand yang artinya bola yang dianyam. Induk olahraga sepak takraw di Indonesia sendiri lahir di tahun 1971. Organisasi yang menjadi induk olahraga ini bernama PERSERASI. Kemudian baru pada tahun 1980 kejuaran nasional sepak takraw untuk pertama kalinya digelar di Indonesia yang terus berkembang dan mengalami pasang surut hingga saat ini.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1291 seconds [12]