Ragam Lainnya | Detail

Pengertian RICE dalam Olahraga

Basudiwa Supraja
Kamis, 16 Juni 2022, 06:52 WIB
Pengertian RICE dalam Olahraga
Naby Keita saat mengalami cedera (Foto: Liverpool FC)

PENGERTIAN RICE dalam olahraga sangat sering didengar oleh para atlet. Namun tidak semua orang mengetahui bahwa RICE sering digaungkan dalam setiap kompetisi olahraga.

Melansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (16/6/2022), RICE merupakan upaya pertolongan dalam mengatasi cedera pada atlet. Kata RICE sendiri adalah singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

Istilah itu juga memudahkan para tim medis untuk mengingat kala menangani atlet yang cedera. Makna Rest berarti beristirahat. Dalam hal ini bagian tubuh yang cedera harus segera dinonaktifkan sementara untuk memberikan ketenangan.

Selanjutnya Ice bermakna untuk segera melakukan kompres kepada bagian tubuh yang bermasalah. Mengutip dari RSUP Dr. Sardjito, langkah Ini diyakini dapat membantu menurunkan suhu di sekitar jaringan yang cedera.

Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa nyeri. Upaya itu juga bisa mengatasi potensi pembengkakan pada bagian yang cedera.

Compression berarti memberikan upaya penekanan pada bagian yang cedera dengan cara membalut rekat dengan perban. Langkah ini juga disertai dengan tahap sebelumnya (Ice).

Tahap tersebut perlu hati-hati. Pasalnya tujuan Compression adalah untuk menghentikan pendarahan tetapi bisa meningkatkan rasa nyeri jika salah melakukannya.

Terakhir ada elevation atau elevasi. Langkah ini sederhana dengan meletakkan bagian yang cedera ke posisi yang lebih tinggi dari jantung sebisa mungkin. Tujuannya agar membantu mendorong cairan keluar dari pembengkakan. 

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1364 seconds [12]