logo
Hobi | Detail

Pengertian Keseimbangan dalam Kebugaran Jasmani Beserta Contohnya

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 16 September 2022, 00:10 WIB
Pengertian Keseimbangan dalam Kebugaran Jasmani Beserta Contohnya
Pengertian Keseimbangan dalam Kebugaran Jasmani. (Foto: Freepik).

JAKARTA-Pengertian keseimbangan dalam kebugaran jasmani menjadi informasi yang sering dicari oleh banyak orang. Keseimbangan tubuh merupakan salah satu hal yang diperlukan semua manusia. 

Dikarenakan jika memiliki keseimbangan tubuh yang baik, maka seseorang tersebut akan dengan mudah melakukan aktivitas harian. Untuk mendapatkan keseimbangan yang apik, maka dibutuhkan latihan-latihan atau gerakan-gerakan tertentu. 

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai pengertian keseimbangan dalam kebugaran jasmani;

Squat (Foto: Elements Envato)

Pengertian Keseimbangan dalam Kebugaran Jasmani

Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh manusia untuk mempertahankan posisi di titik tertentu. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, keseimbangan memiliki arti keadaan yang terjadi apabila semua gaya dan kecenderungan yang ada tepat diimbangi atau dinetralkan oleh gaya dan kecenderungan yang sama, tetapi berlawanan; kemampuan seseorang mengontrol keseimbangan tubuh dalam beberapa hal.

Sementara itu, pengertian keseimbangan menurut Ann Thomson adalah keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan tubuh dalam posisi kesetimbangan maupun dalam keadaan statik atau dinamik, serta menggunakan aktivitas otot yang minimal. 

Contoh Latihan Keseimbangan 

  • Berjalan Menggunakan Tumit dan Jari Kaki

Salah satu contoh latihan keseimbangan adalah berjalan menggunakan tumit dan jari kaki. Adapun gerakan yang dilakukan adalah melakukan langkah menggunakan tumit sebanyak 10-20 langkah. 

Setelah itu, lakukan pergantian langkah kaki menggunakan jari kaki. Selain melakukan langkah maju, latihan ini bisa dilakukan dengan langkah mundur. 

  • Squat 

Contoh latihan keseimbangan selanjutnya adalah gerakan squat. Gerakan squat ini dilakukan dengan cara melebarkan kaki selebar bahu dan menekuk lutut. 

Lakukan gerakan naik dan turun tubuh. Hitungan yang digunakan untuk latihan squat ini sebanyak 10-20 kali dalam sehari. 

  • Berjalan di Atas Garis Lurus

Persikabo 1973 gelar pemusatan latihan di Lapangan Sepak Bola Maleber Sport Center (Foto: Persikabo)

Berjalan di atas garis lurus bisa menjadi salah satu contoh latihan keseimbangan tubuh. Cara ini dilakukan dengan melangkah ke depan seperti berjalan pada umumnya. 

Namun yang menjadi perbedaan adalah gerakan langkah tersebut harus berpijak kepada garis lurus. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai pengertian keseimbangan dalam kebugaran jasmani. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1667 seconds [12]