logo
Ragam Lainnya | Detail

Inilah Pengertian Kelincahan: Contoh dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Intan Rachmasari
Rabu, 24 Agustus 2022, 17:46 WIB
Inilah Pengertian Kelincahan: Contoh dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi Jogging (Foto: Insider)

JAKARTA - Pengertian kelincahan beserta contoh dan manfaatnya masih jadi informasi yang menarik dan dibutuhkan. Kelincahan adalah kemampuan tubuh yang sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas manusia sehari - hari. 

Kemampuan tubuh untuk bergerak cepat dan mengubah posisi tubuh ke segala arah memang sangat diperlukan supaya tubuh minim resiko cedera dalam melakukan aktivitasnya, dan itulah mengapa kelincahan sangat dibutuhkan.

Untuk memahami lebih dalam mengenai kelincahan, kali ini Sportstars.id akan mengulas informasi mengenai pengertian, contoh dan manfaat kelincahan. Berikut informasinya;

Timnas Indonesia U-19 Latihan Melompat (Foto: Youtube PSSI)

Pengertian Kelincahan

Kelincahan adalah kemampuan tubuh dalam bergerak cepat dan mengubah posisi tubuh ke segala arah tanpa kehilangan keseimbangan tubuh. Kelincahan sendiri merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh seseorang dengan aktivitas tinggi seperti seorang atlet. 

Kelincahan sendiri menjadi faktor penting untuk menunjang keterampilan fisik seorang atlet dalam berolahraga. Sebab, semakin tinggi tingkat kelincahan seseorang maka akan semakin bagus juga kemampuan seseorang untuk mengolah gerak. 

Contoh Kelincahan 

  1. Shuttle Run 

Shuttle run atau biasa dikenal dengan lari jarak pendek bolak balik adalah salah satu bentuk untuk melatih kelincahan seseorang. Sebab jenis lari ini memiliki jarak yang pendek dan dilakukan secara bolak balik, sehingga gerakannya pun terlihat sangat cepat. 

  1. Lompat Zig Zag

Lompat zig zag juga dikenal bisa melatih kelincahan seseorang. Karena dalam latihan ini perlu melakukan lompatan untuk menghindari rintangan yang disusun secara zig zag. Latihan ini bisa memperkuat otot otot kaki dan efektif untuk melatih kelincahan. 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1547 seconds [12]