logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Kelenturan dalam Kebugaran Jasmani Lengkap Beserta Contohnya

Intan Rachmasari
Jum'at, 16 September 2022, 23:45 WIB
Pengertian Kelenturan dalam Kebugaran Jasmani Lengkap Beserta Contohnya
Melakukan kayang dapat membentuk kelenturan tubuh (Foto: SehatQ.com)

JAKARTA - Pengertian kelenturan dalam kebugaran jasmani lengkap beserta contohnya akan diulas pada artikel ini. Pada dasarnya kelenturan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerak melalui ruang gerak sendi atau ruang gerak tubuh secara maksimal.

Bentuk dari latihan kelenturan juga bermacam macam, banyak olahraga berat yang memerlukan kemampuan kelenturan pada tubuh. Olahraga seperti senam acrobatic dan gymnastic sangat mengutamakan kelenturan.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id telah merangkung tentang pengertian kelenturan dalam kebugaran jasmani. Berikut ulasannya; 

Pengertian Kelenturan dalam Kebugaran Jasmani

Menurut Rusli Lutan, kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. 

Sedangkan kelenturan atau fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk bergerak secara maksimal melalui sendi atau ruang tubuh. Seseorang dengan tingkat kelenturan yang tinggi akan terhindar dari resiko cedera pada setiap aktivitas. 

Sebab, kelenturan akan membuat tubuh lebih mudah menyesuaikan setiap gerakan dalam suatu aktivitas sehingga mudah bergerak secara efektif dengan daya ulur tubuh yang efisien. 

Contoh Kelenturan dalam Kebugaran Jasmani 

  1. Latihan mencium lutut dalam posisi duduk 

Pengertian Kelentukan punggung (Foto: ekhartyoga)

Latihan yang bertujuan untuk kelenturan otot punggung ini sangat mudah dilakukan dengan cara mengambil sikap posisi duduk dengan kaki rapat lurus ke depan lalu gerakan tubuh sambil memegang kaki dilakukan dengan cara dihitung sampai 10-15 detik per repetisi.

  1. Latihan mencium lutut dalam posisi berdiri

Latihan ini tujuannya sama untuk kelenturan otot punggung hanya caranya yang berbeda dimana melakukan sambil berdiri. Ini lakukan dengan cara dihitung 10-15 detik per repetisi.

  1. Latihan kayang

Manfaat gerakan kayang dalam senam lantai sangat banyak untuk kesehatan. (Foto: Wikihow)Latihan kayang bertujuan untuk kelenturan otot perut, punggung dan pinggang, dilakukan dengan cara ambil posisi tidur terlentang lalu angkat badan keatas setinggi mungkin dengan mengarahkan fokus mata ke depan lalu lakukan dengan cara dihitung 10-15 detik per repetisi.

  1. Latihan sikap cobra

Hari Yoga Internasional

Latihan yang bertujuan untuk melatih kelenturan otot punggung ini dilakukan dengan cara berbaring menelungkup lalu tubuh dari bagian perut ke atas diangkat dengan tangan menekan lantai lalu lakukan dengan cara dihitung 10-15 detik per repetisi.

Demikian informasi mengenai pengertian kelenturan dalam kebugaran jasmani lengkap beserta contohnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1589 seconds [13]