logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Kekuatan dalam Kebugaran Jasmani Lengkap Beserta Contohnya

Intan Rachmasari
Jum'at, 16 September 2022, 00:30 WIB
Pengertian Kekuatan dalam Kebugaran Jasmani Lengkap Beserta Contohnya
Lompat Tali (Foto: ledleisure.co.uk)

JAKARTA - Pengertian kekuatan dalam kebugaran jasmani lengkap beserta contohnya akan dibahas dalam artikel ini. Pada dasarnya kekuatan merupakan salah satu komponen penting dalam kebugaran jasmani

Kebugaran dapat digambarkan sebagai suatu bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari, untuk mengurangi resiko rasa lelah yang berlebih dan membakar banyak energi.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas pengertian kekuatan dalam kebugaran jasmani. Berikut informasinya ; 

Pengertian Kekuatan dalam Kebugaran Jasmani

Menurut Rusli Lutan, kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan. 

Kekuatan digunakan sebagai energi untuk melawan suatu tahanan atau kemampuan untuk membangkitkan tegangan atau tension menurut Harsono (1988: 47). Bisa diartikan jika kekuatan adalah kemampuan yang sangat erat hubungannya dengan adanya proses kontraksi otot.

Kekuatan otot adalah power dan tegangan yang dapat dihasilkan oleh otot akibat hasil dari kontraksi gerak tubuh dengan beban maksimal. 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1805 seconds [13]