logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Kecepatan dalam Kebugaran Jasmani Beserta Contohnya

Wikku D. Nugroho
Sabtu, 17 September 2022, 03:40 WIB
Pengertian Kecepatan dalam Kebugaran Jasmani Beserta Contohnya
Pengertian Kecepatan dalam Kebugaran Jasmani. (Foto: freepik).

JAKARTA-Pengertian kecepatan dalam kebugaran jasmani menarik untuk diulas kali ini. Kebugaran jasmani merupakan suatu hal yang diperlukan bagi setiap manusia. 

Dikarenakan dengan memiliki kebugaran jasmani yang prima, seseorang dapat melakukan rutinitas hariannya dengan baik. Kecepatan juga menjadi aspek penting di dalam kebugaran jasmani. 

Dilansir dari jurnal Media Teliti, Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berturut-turut dalam waktu yang singkat atau kemampuan menempuh jarak dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Untuk mendapatkan kecepatan dalam kebugaran jasmani diperlukan beberapa metode latihan untuk melatih tubuh. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai pengertian kecepatan dalam kebugaran jasmani.

Bagaimana Kecepatan Didapat dalam Kebugaran Jasmani

Menurut pendapat para ahli, salah satunya dari Treadwell (1991) menyebutkan jika kecepatan tidak hanya berfokus pada seluruh kecepatan tubuh, tetapi juga menyiratkan waktu reaksi yang dilakukan pemain terhadap stimulus. 

Contoh Melatih Kecepatan 

1. Squat Jump

Squat (Foto: Elements Envato)

Cara melatih kecepatan yang pertama adalah squat jump. Gerakan squat jump ini dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. 

Kemudian tekukkan lutut dan dorong bokong ke bawah. Posisi ini mirip seperti hendak duduk. Lalu tubuh diangkat dan lakukan gerakan loncat kecil. Diakhiri dengan mendarat dalam posisi jongkok. 

2. Lunges

Lunges menjadi salah satu gerakan untuk melatih kecepatan dalam kebugaran jasmani. Gerakan ini dilakukan dengan diawali dari posisikan kedua tangan disamping pinggang. 

Lalu berdirilah tegak dengan kedua kaki. Posisikan bahu agak ditarik ke belakang. Setelah itu, langkahkan salah satu kaki baik itu kiri maupun kanan ke depan. 

Turunkan badan dengan perlahan-lahan hingga membentuk sudut 90 derajat. Ulangi lagi gerakan tersebut dengan kaki kiri dan dengan beberapa kali repitisi. 

3. Ladder Drills

LONDON - Sejumlah pemain West Ham United menjalani sesi latihan jelang kontra Olympique Lyon dalam ajang Liga Europa di Rush Green, London, Inggris, Rabu (13/4/2022) waktu setempat.    Bertandangnya West Ham United ke markas milik Lyon dalam ajang Liga Er

Latihan terakhir dalam daftar ini untuk melatih kecepatan adalah ladder drills. Adapun latihan ini dilakukan dengan bantuan tangga berbahan nilon. Dimana setiap kotak dalam ladder drills memiliki ukuran 12x12 cm. 

Latihannya dilakukan dengan cara berlari maupun berjalan di antara kotak-kotak ladder drills. Beberapa variasi gerakan bisa digunakan untuk melatih kecepatan menggunakan media ladder drills ini. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai pengertian kecepatan dalam kebugaran jasmani. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.  

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1534 seconds [12]