logo
Ragam Lainnya | Detail

Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Tujuan

Tim Sportstars
Sabtu, 03 September 2022, 16:59 WIB
Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Tujuan
Pengertian kebugaran jasmani: unsur, manfaat, dan tujuan perlu diketahui agar kualitas hidup meningkat. (Foto: Livestrong)

JAKARTA - Pengertian kebugaran jasmani: unsur, manfaat, dan tujuan akan dibahas dalam artikel ini. 

Tubuh yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit menjadi hal yang diharapkan semua orang. Di dalam tubuh yang sehat pastinya memiliki kebugaran jasmani yang sehat.

Cara meningkatkan kebugaran jasmani, Anda bisa melakukan olahraga yang teratur, mengonsumsi buah dan sayur, minum air yang cukup, pola tidur yang cukup, serta menghindari rokok dan minuman beralkohol.  

Langkah tersebut bisa membuat kebugaran jasmani Anda supaya lebih optimal. Berikut penjelasan kebugaran jasmani mulai dari pengertian, unsur, manfaat dan tujuan.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Tubuh yang sehat bisa mempengaruhi fisik, mulai dari daya tahan tubuh, massa otot serta kelentukan dan kelenturan tubuh.

Unsur Kebugaran Jasmani

1. Kekuatan Tubuh (Body strength)

Kekuataan di dalam tubuh sangat penting. Karena kekuatan bisa membentuk energi untuk tubuh. Energi yang kuat bisa memperlancar  segala aktivitas tubuh.

2. Daya Otot (Muscular endurance)

Otot yang kuat bisa menahan sesuatu yang kuat. Otot manusia ternyata ada massa usianya. Massa otot seiring berjalannya waktu akan berkurang. Setelah berusia 30 tahun manusia akan mengalami sarcopenia. Sarcopenia merupakan penurunan massa otot karena anabolisme dan katabolisme.

3. Daya Tahan (The durability of the body)

Tubuh membutuhkan energi yang kuat. Metabolisme tubuh sangat dibutuhkan sebagai pertahanan, agar terhindar dari penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda harus melakukan hidup sehat serta berolahraga.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1736 seconds [12]