Hobi | Detail

Pengertian Kayang : Teknik Dasar dan Manfaat Lengkap

Wikku D. Nugroho
Senin, 25 April 2022, 22:00 WIB
Pengertian Kayang : Teknik Dasar dan Manfaat Lengkap
Cara Melakukan Kayang dalam Senam Lantai (Foto: SehatQ.com)

JAKARTA - Pengertian Kayang merupakan topik menarik untuk dibahas kali ini. Gerakan kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai selain roll depan, roll belakang, dan meroda. Nama lain dari kayang adalah wheel pose atau upward bow pose. 

Kayang adalah salah satu gerakan senam lantai yang menitik beratkan tumpuan pada tangan dan kaki secara bersamaan. Sebagai gambarannya, gerakan kayang ini memposisikan tubuh melengkung ke belakang. Untuk melakukan gerakan ini diperlukan matras sebagai alas.

Berikut cara melakukan kayang dengan sikap awalan tidur dan awalan berdiri:

1. Sikap Kayang Awalan Tidur

  • Lakukan pemanasan yang baik dan benar sebelum melakukan kayang.
  • Posisikan badan telentang di atas matras dan muka menghadap ke atas.
  • Tekuk kedua kaki, telapak kaki ditempelkan ke permukaan matras. Posisikan kedua tangan menekuk di samping kepala.  Lalu kedua telapak kaki tangan juga ditempelkan ke atas matras.
  • Angkat tubuh kalian dengan perlahan, usahakan kaki dan tangan tetap lurus.
  • Kepala tetap rileks dengan posisi di antara sela kedua tangan.

2. Sikap Kayang Awalan Berdiri

  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Posisikan badan tegak dan kedua kaki sedikit terbuka.
  • Rilekskan nafas.
  • Secara perlahan kedua tangan mulai diarahkan ke belakang dan badan perlahan dilentingkan ke belakang.
  • Pastikan kedua telapak tangan dan telapak kaki sudah menempel di lantai atau matras.
  • Tetap posisikan kaki dan tangan lurus saat badan melenting.
  • Akhiri gerakan kayang ini dengan telentang sempurna.
  • Sikap kayang awalan berdiri ini dikhususkan bagi pesenam yang sudah mahir berkayang.

Manfaat Melakukan Gerakan Kayang

- Dapat melenturkan badan terutama tubuh bagian perut, punggung dan tulang belakang.
-  Membantu membentuk tubuh ideal.
-  Membakar kalori pada perut.
-  Membantu kekuatan otot pada paha, perut dan pinggang.
-  Menambah kekuatan lengan dan bahu.

Demikian informasi Pengertian Kayang beserta Teknik Dasar dan Manfaatnya. Untuk kamu para pembaca bisa melakukan gerakan Kayang ini di rumah ataupun tempat olahraga lainnya. Ingat untuk melakukan gerakan ini harus diawasi oleh pelatih atau yang sudah berpengalaman ya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1320 seconds [12]