logo
Bola Lainnya | Detail

Pengertian Heading Dalam Sepak Bola Beserta Langkahnya, Siapa Tahu Bisa Seperti Cristiano Ronaldo

Tim Sportstars
Rabu, 20 Juli 2022, 22:40 WIB
Pengertian Heading Dalam Sepak Bola Beserta Langkahnya, Siapa Tahu Bisa Seperti Cristiano Ronaldo
Kemampuan duel udara Cristiano Ronaldo membuat orang ingin mengetahui pengertian heading dalam sepak bola beserta langkahnya (Foto: Reuters/Phil Noble)

BERIKUT pengertian heading dalam sepak bola beserta langkahnya akan dibahas pada artikel kali ini. Heading jika bisa dimanfaatkan dengan baik akan menjadi keunggulan tim dalam sebuah pertandingan sepak bola. Baik saat menyerang atau bertahan.  

Pemain yang memiliki kemampuan heading akan disebut sebagai raja udara. Di Indonesia ada nama Bambang Pamungkas yang dinilai bisa melakukan lompatan tinggi sekaligus akurasi sundulan. Sedangkan di luar negeri, nama legendaris Jerman seperti Oliver Bierhoff dan Miroslav Klose juga mendapatkan julukan raja udara karena kemampuannya. 

Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo juga sempat membuat kagum banyak orang karena kemampuannya melakukan loncatan sundulan untuk mencetak gol. Messi juga pernah membuat sejarah dengan mencetak gol melalui sundulan di final Liga Champions.   

Berikut Pengertian Heading dalam Sepak Bola

Heading dengan istilah lain yaitu sundulan. Teknik mengontrol bola yang menggunakan kepala, seperti untuk mengoper,menembak, menyangkal bola yang datang tujuannya untuk mencetak gol.

Langkah untuk melakukan heading

  1. Fokus melihat arah bola dan siap untuk menyundul bola. 
  2. Posisi kedua kaki dalam keadaan siap melompat dan tekuk lutut Anda untuk menjaga keseimbangan. 
  3. Melakukan lompatan sekuat tenaga, perkirakan jarak lompatan dengan posisi melambungnya bola. 
  4. Gerakan kepala ke arah depan dengan cepat, semakin cepat Anda menyundul bola, semakin banyak kekuatan yang Anda hasilkan. Gunakan bagian tengah dahi Anda untuk menyundul bola.

Miroslav Klose

Tips untuk memenangkan goal dengan teknik heading

  1. Tingkatkan stamina lari yang baik. Seimbangkan waktu berlari, memotong dan berputar . 
  2. Tingkatkan lompatan, semakin tinggi Anda melompat, semakin besar peluang Anda untuk memenangkan sundulan. 
  3. Gunakan lengan tangan yang baik. Anda  dapat menggunakan lengan untuk mendorong pemain lain dan memenangkan sundulan. Jika pemain berada di belakang Anda, kemungkinan besar  wasit tidak melihat adanya dorongan pemain. 

Demikian informasi pengertian heading dalam sepak bola beserta langkahnya. Semoga informasi bisa bermanfaat bagi para pembaca setia sportstar.id. (Adi Sekararum Destiani)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1687 seconds [12]