logo
Basket | Detail

Pengertian Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya

Intan Rachmasari
Selasa, 16 Agustus 2022, 16:55 WIB
Pengertian Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket dan Cara Melakukannya
Forward Washington Wizards Corey Kispert (24) menguasi teknik pivot dalam permainan bola basket yang digunakan untuk melawan pemain Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo (34). (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket dan cara melakukannya menjadi informasi yang penting untuk diketahui para penggemar basket. Basket merupakan jenis olahraga bola besar yang dikenal memiliki banyak teknik dan strategi saat bermain.

Dalam permainan bola basket harus mengetahui istilah pivot. Pivot merupakan salah satu teknik dasar dalam olahraga basket. Meskipun terbilang dasar, pivot juga harus dilakukan dengan teknik yang benar. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahas pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket dan cara melakukannya. Berikut informasinya;

NEW ORLEANS - Pemain Phoenix Suns Chris Paul (3) memegang bola saat dijaga pemain New Orleans Pelicans Jose Alvarado (15) pada paruh kedua game enam putaran pertama playoff NBA 2022 di Smoothie King Center, New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat, Kamis (

Pengertian Gerakan Pivot dalam Permainan Bola Basket 

Pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket adalah gerakan memutar badan dengan satu kaki sebagai tumpuan pada saat setelah menerima operan bola dari teman satu tim. Gerakan ini biasa dilakukan para pemain untuk menguasai bola agar tidak mudah dicuri lawan. 

Gerakan pivot dalam bola basket perlu dipahami dan dikuasai dengan baik karena pivot merupakan salah satu sumber foul. Gerakan pivot akan berakibat foul apabila langkah yang diambil terlalu banyak, jenis foul ini biasa dikenal foul travel.

Pemain yang melakukan pivot biasanya bertujuan untuk menguasai bola selain itu pivot juga bisa menjadi celah dalam sistem pertahanan tim lawan dan juga bisa menjadi trik untuk mengelabui pemain lawan. 

Cara Melakukan Gerakan Pivot 

  1. Tentukan kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan dalam gerakan pivot.
  2. Arahkan badan untuk memutar sesuai kebutuhan disesuaikan dengan kaki yang dijadikan tumpuan.
  3. Kaki yang dijadikan tumpuan tidak boleh bergerak pada saat memutar badan. 
  4. Setelah selesai melakukan pivot, langsung membalikan badan ke posisi awal untuk melanjutkan permainan. 

Demikian informasi mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2571 seconds [13]