logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Gerakan Handstand: Tujuan dan Manfaatnya

Intan Rachmasari
Rabu, 11 Januari 2023, 11:24 WIB
Pengertian Gerakan Handstand: Tujuan dan Manfaatnya
Salah satu gerakan senam lantai adalah handstand yang baik untuk membentuk otot-otot tubuh (Sumber: Instagram).

JAKARTA - Pengertian gerakan Handstand lengkap dengan tujuan dan manfaatnya menjadi informasi yang menarik untuk diulas. Salah satu gerakan senam lantai ini memang memberi banyak manfaat bagi tubuh. 

Handstand atau berdiri terbalik menggunakan tangan sebagai tumpuannya. Handstand sendiri bermanfaat untuk menguatkan otot bagian tubuh atas seperti otot lengan, otot dada dan otot bahu. 

Harus diingat handstand harus dilakukan di permukaan lantai yang datar dan keras. Tujuannya untuk bisa mengatur keseimbangan tubuh agar bisa berdiri dengan sempurna. 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut Sportstars.id akan mengulas pengertian handstand lengkap dengan tujuan dan manfaatnya;

Senam lantai Handstand (Sumber: Instagram)

Pengertian Gerakan Handstand: Tujuan dan Manfaatnya

Tujuan Gerakan Handstand

Handstand bertujuan untuk melatih otot inti dan meningkatkan keseimbangan sambil memberi manfaat peningkatan sirkulasi dan aliran darah. Kegiatan handstand akan melibatkan seluruh tubuh seseorang saat menggunakan bahu, lengan, core dan punggung. 

Selain itu handstand dapat meningkatkan kemampuan dari kekuatan lengan. Sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan sampai batas maksimal dan dapat mencapai target dari bentuk gerakan yang dimaksud. 

Manfaat Handstand 

Handstand akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh apabila jika dilakukan setiap hari secara konsisten. Selain dapat menghilangkan stres, handstand sangat mampu membantu menguatkan otot-otot tubuh. 

Berikut manfaat handstand bagi tubuh :

  • Handstand dapat membangung kekuatan inti tubuh. 
  • Handstand akan menguatkan otot bagian tubuh atas.
  • Handstand akan meningkatkan daya keseimbangan tubuh. 
  • Handstand dapat meningkatkan mood seseorang. 
  • Handstand dapat membantu kesehatan tulang, menjaga sirkulasi peredaran darah.
  • Handstand dapat membantu memperlancar pernapasan.
  • Handstand dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. 

Cara Melakukan Gerakan Handstand Dalam Senam Lantai

  • Posisikan tubuh dalam kondisi tegak.
  • Arahkan salah satu kaki untuk dimajukan ke depan. 
  • Pastikan untuk arah pandangan fokus menghadap matras. 
  • Kemudian, posisi badan dibungkukkan dengan tangan diletakkan di matras. 
  • Selanjutnya posisi tungkai kaki depan dibengkokkan, sebaliknya, tungkai kaki belakang lurus. Lanjut untuk mengayunkan Tungkai belakang ke atas  bersamaan dengan mengencangkan otot perut. 
  • Kedua kaki diluruskan ke atas dan posisinya sejajar dengan tubuh. 
  • Kemudian posisi tangan direntangkan lurus ke bawah, sebagai tumpuan berat badan.

Dalam melakukan handstand sangat perlu untuk memperhatikan posisi tubuh untuk menghindari resiko cedera otot. Sehingga sangat dibutuhkan pemahaman yang lebih sebelum mencoba melakukan handstand. 

Demikian informasi mengenai pengertian gerakan handstand lengkap dengan tujuan dan manfaatnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 


 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2023 seconds [13]