Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Gerak Non Lokomotor, Kenali Manfaat dan Contohnya

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 11:23 WIB
Pengertian Gerak Non Lokomotor, Kenali Manfaat dan Contohnya
Terdapat tiga variasi gerak dasar lokomotor saat memumukul pada softball

JAKARTA- Pengertian gerak non lokomotor dan contohnya penting untuk diketahui demi mengenali gerak tubuh yang kerap kita lakukan. Sejak masa awal perkembangan seorang anak, semua mengalami perkembangan motorik kasar. Terdapat berbagai gerakan yang membutuhkan keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh seperti berjalan, berlompat, berlari, dan sebagainya. Umumnya ini semua termasuk dalam pengertian gerak non lokomotor.

Dalam motorik kasar setidaknya meliputi gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. Ketiga gerakan ini sangat penting untuk dipahami. Karena kerap kali dalam satu aktivitas membutuhkan kombinasi gerak lokomotor tersebut. Dengan memahami penjelasannya maka kita bisa menentukan gerak lokomotor mana yang harus dipilih dan yang harus sering dilatih. 

Lalu apa itu gerakan non lokomotor yang sering kita lakukan? Berikut penjelasan Sportstars.id yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Pengertian Gerak Non Lokomotor

Non Lokomotor memiliki pengertian gerakan tidak berpindah tempat. Dimana sebagian anggota tubuh tertentu saja yang digerakkan namun tidak berpindah tempat, seperti menekuk lengan, jongkok, dan berdiri. Berbeda dengan gerak dasar lokomotor dan manipulatif, gerak dasar non lokomotor lebih berfokus pada kelentukan sendi ke segala arah. 

Sehingga gerak non lokomotor sejatinya merupakan kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh agar tetap stabil dan tidak terjatuh. Tujuannya ialah melatih keseimbangan alat gerak manusia agar tidak mudah jatuh, walaupun dalam posisi yang tidak sempurna. Kemampuan ini tentu sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas kehidupan termasuk berolahraga yang kompleks. Kemampuan ini membutuhkan latihan agar tidak berkurang bahkan hilang.

Contoh Gerak Non Lokomotor

Contoh gerak non lokomotor terdapat dalam macam – macam gerak dasar non – lokomotor sebagai berikut;

  • Latihan menghindar

  • Latihan peregangan

  • Memutar (meliuk) dan berputar

  • Bergantung

  • Menarik dan mendorong.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1356 seconds [13]