Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Gerak Lokomotor, Kenali Manfaat dan Contohnya

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 11:15 WIB
Pengertian Gerak Lokomotor, Kenali Manfaat dan Contohnya
Terdapat perbedaan dalam gerak lokomotor dan non lokomotor

JAKARTA- Pengertian gerak lokomotor beserta contoh akan sangat membantu pemahaman mengenai gerakan tubuh seseorang. Karena manusia umumnya memiliki tiga gerak dasar yang terdiri dari tiga macam gerak, yaitu lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif. Ketiganya sering kita jumpai pada kegiatan sehari–hari, khususnya saat melakukan aktivitas olahraga. 

Lalu apa pengertian gerakan lokomotor yang sering kita lakukan? Berikut penjelasan Sportstars.id yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Pengertian Gerak Lokomotor

Gerak lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Pada umumnya gerak ini mengandalkan kaki sebagai penunjang utama gerakan. Gerak lokomotor juga melakukan bermacam-macam keterampilan lokomotor secara otomatis dan tanpa pikiran yang disengaja. Selain itu juga menggunakan keterampilan dengan memanipulasi gerakan yang menyesuaikan dengan waktu, ruang, kekuatan, dan aliran.

Keterampilan lokomotor merupakan gerakan yang sangat penting bagi mobilitas manusia. Keterampilan ini diidentifikasi sebagai keterampilan yang menggerakkan individu di satu ruang atau tempat, ke ruang ataupun tempat lainnya. Gerak lokomotor atau sering disebut juga traveling, diartikan sebagai gerak berpindah tempat. Gerakan ini seperti jalan, lari, dan lompat. 

Ketiga keterampilan tersebut merupakan keterampilan paling dasar lokomotor. Karena ini adalah keterampilan yang berkembang seiring perkembangan manusia dan fungsional. Adapun contoh sederhana gerak lokomotor ini sendiri yaitu berjalan, berlari, dan meloncat. Dengan memahami gerak lokomotor ini membuat kita kian mengenali diri sendiri dan orang lainnya. Terlebih saat berolahraga dengan gerakan kompleks.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1302 seconds [12]