logo
Hobi | Detail

Pengertian Gerak Lari dalam Kegiatan Olahraga yang Perlu Diketahui

Tim Sportstars
Jum'at, 22 Juli 2022, 14:40 WIB
Pengertian Gerak Lari dalam Kegiatan Olahraga yang Perlu Diketahui
Pengertian gerak lari dalam kegiatan olahraga penting untuk diketahui. (Foto: Inscyd)

JAKARTA - Pengertian gerak lari dalam kegiatan olahraga akan diulas dalam artikel ini. Lari identik dengan siklus kehidupan manusia. Dalam berbagai macam olahraga juga cenderung membutuhkan lari.

Kali ini Sportstars.id akan membahas pengertian gerak lari.

Pengertian Gerak Lari

Dilansir dari berbagai sumber, lari adalah keadaan di mana kaki berpindah tempat ke depan dengan kecepatan maksimum dan lebih cepat daripada saat berjalan.

Pada saat berlari, ada saat badan dalam kondisi melayang di udara dan kaki tidak dalam keadaan menapak di tanah. Lari merupakan aktivitas dalam melakukan gerak mengais, badan didorong ke depan untuk mencapai tujuan garis finis.

Lari termasuk cabang olahraga dari atletik, terdapat berbagai macam perlombaan dalam olahraga lari.

Berikut Macam-Macam Perlombaan Lari

1. Lari Jarak Pendek 

Perlombaan lari yang paling bergengsi di atletik ini mempunyai jarak 100, 200 hingga 400 meter untuk mencapai garis finis.

2. Lari Jarak Menengah 

Lari jarak menengah merupakan perlombaan dalam atletik yang memiliki jarak tempuh 800 sampai dengan 1.500 meter dalam mencapai garis finis.

3. Lari Jarak Jauh 

Lari jarak jauh biasa disebut dengan perlombaan marathon karena jarak tempuh yang cukup jauh, jarak tempuh dalam perlombaan marathon mencapai 3000, 10000 hingga 42195 meter untuk menuju garis finis.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1589 seconds [12]