logo
Bola Lainnya | Detail

Pengertian Formasi 3-4-3 dalam Sepak Bola dan Cara Melakukannya dengan Benar

Tim Sportstars
Selasa, 02 Agustus 2022, 17:09 WIB
Pengertian Formasi 3-4-3 dalam Sepak Bola dan Cara Melakukannya dengan Benar
Formasi 3-4-3 menjadi salah satu pola yang sering digunakan dalam sepak bola. (Foto: fifplay)

JAKARTA - Pengertian Formasi 3-4-3 dalam sepak bola dan cara melakukannya akan dibahas dalam artikel kali ini. Formasi sepak bola merupakan cara penempatan ruang gerak serta pembagian tugas setiap pemain oleh pelatih terhadap posisi yang diinstruksikan.

Dengan adanya formasi, setiap pemain mengetahui daerah ruang gerak masing-masing, memahami apa yang harus dilakukan pada saat menyerang, ke mana harus bergerak, dan siapa yang harus dijaga pada saat berada dalam kondisi bertahan.

Pengertian Formasi 3-4-3 dalam Sepak Bola

Setiap formasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya dari setiap formasi memiliki pengembanganya masing-masing. Yang terpenting pada pelaksanaannya, setiap pemain mampu memahami dan mengimplementasikan di dalam lapangan. Sehingga, apa yang pelatih inginkan bisa terlaksana di setiap pertandingan.

Formasi 3-4-3 terdiri dari tiga pemain belakang, empat gelandang, dan tiga penyerang. Skema ini cenderung lebih menyerang, namun tetap mengutamakan keseimbangan untuk mengantisipasi serangan balik. 

Dalam menjalankan sistem 3-4-3, terdapat kelebihan dan kekurangan ketika mengimplementasikannya dalam pertandingan .

Kelebihan Formasi 3-4-3 dalam Sepak Bola

1. Lini Tengah Kuat

Dengan memiliki empat gelandang, maka tim tersebut cenderung akan memiliki lini tengah yang lebijh solid. 

2. Dominan dalam Penguasaan Bola

Dalam formasi 3-4-3, pergerakan pemain yang dinamis dan kreatif akan membuat tim lebih mampu memenangi penguasaan bola . 

3. Pergerakan Pemain Lebih Fleksibel

Empat gelandang berperan mengalirkan bola ke 3 striker dan dapat membantu pertahanan. Gelandang kanan dan kiri bersifat fleksibel, bisa menjadi gelandang pada saat menyerang dan menjadi bek sayap pada saat bertahan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1605 seconds [12]