logo
Hobi | Detail

Pengertian Daya Tahan dalam Olahraga, Tujuan, Manfaat dan Contoh Latihannya

Intan Rachmasari
Sabtu, 23 Juli 2022, 22:35 WIB
Pengertian Daya Tahan dalam Olahraga, Tujuan, Manfaat dan Contoh Latihannya
Rutin berolahraga menjadi salah satu hal penting untuk menjaga daya tahan (Foto: post.greatist.com).

JAKARTA-Pengertian daya tahan dalam olahraga memang penting diketahui informasinya oleh pemula. Dalam berolahraga memang diperlukan kemampuan daya tahan seseorang.

Daya tahan biasanya dikaitkan dengan kemampuan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama. Ketahanan diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang berulang seperti mengangkat barang, menaiki anak tangga, dan membersihkan rumah.

Sebenarnya apa pengertian daya tahan? Dilansir dari beberapa sumber sportstars akan mengulas informasi mengenai pengertian daya tahan dalam olahraga lengkap dengan tujuan, manfaat dan contoh latihannya.

Pengertian Daya Tahan dalam Olahraga 

Daya tahan adalah kemampuan fisiologis yang kompleks, yang dipisahkan ke dalam kategori-kategori seperti aerob, laktat anaerob, dan alaktik anaerob berdasarkan sifat metabolik (The Physiology of Physical Training , 2018).

Daya tahan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan dengan rentang waktu yang panjang, jumlah repetisi yang banyak, dan tempo yang cepat tanpa merasa kelelahan secara berlebihan. 

Seseorang yang memiliki daya tahan yang tinggi terlihat ketika mereka bisa menggerakan bagian tubuh dengan fokus otot tertentu secara berulang tanpa keberatan dan merasa lelah. Semakin tinggi tingkat daya tahan seseorang makan sudah dipastikan seseorang itu memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik. 

Tujuan Daya Tahan 

Aktivitas daya tahan dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah dan meningkatkan kebugaran  secara keseluruhan. Akibatnya, orang yang melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat mengurangi risiko banyak penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Seseorang yang akan terjun ke dalam dunia olahraga ada baiknya untuk rutin melakukan latihan daya tahan. Karena latihan daya tahan bertujuan untuk  memperkuat sistem produksi energi untuk memenuhi tuntutan tiap cabang olahraga. 

Manfaat Daya Tahan

Adapun beberapa manfaat dari daya tahan seperti :

1. Mengurangi Resiko Cedera dalam Olahraga

Memiliki daya tahan yang baik memang dibutuhkan saat seseorang melakukan olahraga. Semakin tinggi daya tahan seseorang dalam berolahraga maka akan semakin maksimal dalam melakukan berbagai kegiatan olahraga. Resiko cedera dalam olahraga akan berkurang karena daya tahan akan meminimalisir terjadinya kesalahan penyebab cedera.

2. Tubuh Tidak Mudah Lelah

Daya tahan tubuh yang baik membuat seseorang bisa melakukan sesuatu kegiatan dengan durasi yang lama, tempo yang cepat dan kegiatan yang berulang tanpa merasa lelah. Latihan daya tahan tubuh akan membiasakan tubuh untuk bergerak lebih cepat dan menjadikan tubuh tidak mudah merasa lelah.

3. Dapat melakukan Olahraga Secara Maksimal

Daya tahan tubuh yang baik akan mempermudah seseorang untuk melakukan kegiatan secara maksimal. Contohnya ketika akan melakukan deadlift dengan beban 10 kg, seseorang dengan daya tahan tubuh yang baik bisa mengangkat beban tersebut secara maksimal dan dengan waktu yang maksimal juga. 

4. Terhindar dari Beberapa Penyakit Serius 

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik sudah dipastikan juga memiliki tingkat kebugaran jasmani baik. Seseorang dengan kondisi kesehatan tubuh seperti ini akan terhindar dari beberapa penyakit serius yang akan mengganggu kesehatan.

5. Menjaga Sistem Imun

Daya tahan tubuh yang baik akan memberi dampak yang baik juga terhadap sistem imun seseorang. Dengan keadaan daya tahan tubuh yang baik sistem imun seseorang juga akan semakin terjaga.

Contoh Latihan Daya Tahan

Contoh latihan daya tahan :

  1. Jogging
  2. Berenang
  3. Bersepeda
  4. Lari Jarak jauh
  5. Sepak Bola
  6. Basket
  7. Voli 
  8. Bulu Tangkis
  9. Tenis 
  10. Vertical Run

Demikian informasi mengenai pengertian Daya Tahan dalam olahraga lengkap dengan tujuan, manfaat dan jenis latihannya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1818 seconds [12]