logo
Hobi | Detail

Pengertian dan Sejarah Senam Ritmik, Olahraga Khusus Wanita

Tim Sportstars
Rabu, 14 September 2022, 18:02 WIB
Pengertian dan Sejarah Senam Ritmik, Olahraga Khusus Wanita
Pengertian dan sejarah senam ritmik menjadi salah satu olahraga fisik khusus wanita. (Foto:Dok)

JAKARTA  - Pengertian dan sejarah senam ritmik akan dibahas melalui artikel ini. Senam ritmik atau senam irama adalah jenis aktivitas fisik khusus wanita yang dilakukan dengan menggunakan bantuan alat seperti tali, simpai, bola, tongkat, dan pita.

Pengertian Senam Ritmik 

Senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam iringan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, senam irama juga sering disebut sebagai senam ritmik (rhythmic gymnastics), modern gymnastics, atau rhythmic sportive gymnastics.

Sejarah Senam Ritmik

Olahraga senam ritmik berawal dari gagasan Jean-Georges-Noverre pada tahun 1727-1810, Francois Delsarte pada tahun 1811-1871, dan Rudolf Bode pada tahun  1881-1970. Senam ritmik diciptakan pada tahun 1940-an di negara yang saat itu masih bernama Uni Soviet. 

 Senam Ritmik, Antara Kesempurnaan Gerak dan Warna-warni Ceria Busana

Senam ritmik kemudian membentuk organisasi persatuan yang bernama Federasi Senam Internasional (FIG) sebelum akhirnya melahirkan beberapa kejuaraan bergengsi. Pada mulanya, kompetisi senam ritmik masih bersifat individual. Kemudian, kompetisi tersebut ditambahkan menjadi sektor berkelompok sejak 1996.

Untuk individu, pesenam melakukan gerakan dengan satu alat selama 1-2 menit, sedangkan untuk kategori berkelompok dilakukan oleh enam pesenam dengan enam alat selama 2-3 menit. Keduanya sama-sama diiringi dengan alat musik piano.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1605 seconds [13]