logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian dan Sejarah Rounders, Permainan Bola Kecil yang Populer di Inggris

Intan Rachmasari
Selasa, 06 September 2022, 22:39 WIB
Pengertian dan Sejarah Rounders, Permainan Bola Kecil yang Populer di Inggris
Ilustrasi rounders (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Pengertian dan sejarah rounders menjadi informasi menarik yang akan dibahas pada artikel ini. Olahraga jenis bola kecil ini cukup populer di negara negara Benua Eropa, tak terkecuali Inggris. 

Di Indonesia sendiri permainan bola dengan pukulan ini juga cukup dikenal. Permainan ini dilakukan oleh dua regu yang berisikan 12 orang pemain pada masing masing timnya. Banyak juga yang menganggap rounders sama dengan baseball. 

Untuk menjawab rasa penasaran warganet, Sportstars.id akan mengulas pengertian dan sejarah Rounders yang sudah dirangkum dari beberapa sumber. Berikut informasinya; 

Giliran untuk memukul dan menjaga setiap regu perlu dikuasai dalam permainan rounders. (Foto: ie-today)

Pengertian Rounders 

Rounders merupakan permainan bola kecil yang menggunakan tongkat pemukul sebagai alatnya. Permainan ini dimainkan oleh dua regu pemain yang beranggotakan 12 pemain dalam setiap regunya. Permainan bola kecil ini juga serupa dengan permainan bola kecil lainnya seperti softball, baseball dan kasti.

Rounders dapat dimainkan dengan memukul bola, kemudian mengelilingi lapangan yang memiliki tiang atau titik base. Pemenangnya adalah regu yang paling banyak mengelilingi lapangan.Alat yang digunakan sebagai pemukul pada permainan rounders terbuat dari kayu tidak seperti softball. Pada softball alat pemukul berbahan dasar besi. 

Sejarah Rounders 

Menurut sejarahnya permainan Rounders pertama kali ditemukan oleh tokoh bernama George Hancock. Permainan ini pertama kali dikembangkan di negara Inggris dan negara sekitarnya seperti Irlandia dan Irlandia Utara. 

Pada 1828 seorang penulis buku bernama William Clarke merilis sebuah buku di London. Dalam buku terbitan William Clarke, dijelaskan aturan permainan rounders dan deskripsi permainannya dalam bahasa Inggris. Lalu setahun setelahnya buku tersebut diterbitkan di Boston, Massachusetts.

Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) yang bertempat di Irlandia meresmikan aturan permainan ini pada tahun 1884. Seiring perkembangan rounders, di Inggris National Rounders Association (NRA) yang dibentuk pada tahun 1943 menetapkan aturan permainan rounders. Setelah diresmikan di Irlandia, tahun 1889 didirikan asosiasi di Liverpool dan Skotlandia.

Di Indonesia sendiri rounders mulai populer sejak tahun 1950. Rounders sangat populer di Indonesia pada saat itu karena dikembangkan seorang berkebangsaan Belanda. Di Indonesia rounder pertama kali dipertandingkan pada PON II tahun 1951. 

Demikian informasi mengenai pengertian dan sejarah rounders. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1623 seconds [12]