Ragam Lainnya | Detail

Pengertian dan Sejarah Permainan Softball

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 17 Juni 2022, 06:37 WIB
Pengertian dan Sejarah Permainan Softball
Olahraga softball masih menjadi salah satu olahraga permainan yang digemari semua kalangan tidak pandang umur dan pekerjaan.

JAKARTA-Pengertian dan sejarah permainan softball merupakan topik yang kerap ditanyakan. Karena dalam era modern ini softball merupakan salah satu olahraga permainan yang masih digemari semua kalangan tidak pandang umur dan pekerjaan.

Walaupun masih banyak yang berpendapat jika softball dan baseball merupakan olahraga yang sama, namun softball dan baseball memiliki sejumlah perbedaan. Hal tersebut antara lain perlengkapan dan aturan permainannya.

Hal seperti itu menandakan banyak yang masih belum mengetahui pengertian dan sejarah permainan softball. Ingin tahu penjelasan lebih detailnya? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian dan Sejarah Permainan Softball

Pengertian Permainan Softball

Softball merupakan permainan olahraga yang menggunakan bola kecil untuk media bermainnya. Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok yang tiap tim terdiri dari 9 orang. Masing-masing tim bertugas untuk menjadi tim menyerang (Offense) dan tim bertahan (Defense).

Tim menyerang (Offense) bertugas untuk memukul bola, berlari ke tiap base dan menuju home base untuk mencetak angka. Lebih detailnya, tim offense mengirimkan 1 orang pemain untuk memukul bola.

Dia bertugas untuk memukul bola sekeras-kerasnya dan mencetak poin untuk timnya jika berhasil sampai home base. Pemain ini memiliki kesempatan 3 kali memukul bola.

Tim bertahan (Defense) bertugas untuk menjaga agar tim offense tidak mencetak angka. Tiap pemain defense yang menjaga base haruslah bisa menangkap bola yang dipukul oleh tim lawan. Mereka berusaha agar tim lawan tidak mencetak poin.

Permainan olahraga softball memiliki peraturan permainan seperti olahraga bola lainnya. Hal tersebut sudah diatur Federasi Softball Internasional.

Sejarah Permainan Softball

Softball pertama kali diperkenalkan oleh George Hancock yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat pada 16 September 1887 di Gedung olahraga Farragut Boat Club Chicago, Illinois.

Pada awalnya dia menciptakan olahraga permainan ini hanya untuk rekreasi. Namun seiring berjalannya waktu banyak orang yang menyukainya dan mengadakan sejumlah pertandingan resmi.

Hal itu mendorong terbentuknya Federasi Softball Internasional (ISF) dan mereka membuat peraturan bermain softball. Pada awal permainannya softball hanya dimainkan di ruangan tertutup atau indoor. Kemudian berkembang softball juga bisa dimainkan di luar ruangan atau outdoor.

Di Amerika Serikat tepatnya di tahun 1933 pertandingan resmi softball pertama kali digelar. Federasi Softball Amatir Amerika Serikat menjadi badan yang mendukung pertandingan ini diselenggarakan.

Demikian pengertian dan sejarah permainan softball. Semoga dengan informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai olahraga softball. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1388 seconds [13]