logo
Basket | Detail

Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Basket, Olahraga Populer Dunia

Intan Rachmasari
Jum'at, 19 Agustus 2022, 15:50 WIB
Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Basket, Olahraga Populer Dunia
Stephen Curry Final NBA

JAKARTA - Pengertian dan sejarah permainan bola basket selalu memiliki hal menarik untuk dibicarakan. Pasalnya bola basket menjadi salah satu olahraga populer di dunia, khususnya di Amerika Serikat. 

Kompetisi basket Amerika Serikat yang dikenal dengan NBA adalah liga basket yang paling bergengsi. Liga basket tersebut jadi barometer pemain basket terbaik dunia. Sehingga NBA memiliki para penggemar basket di seluruh dunia. 

Permainan bola basket masuk kategori permainan bola besar yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pertandingan bola basket di dunia sejak pertama kali diadakan sampai hari ini berarti sudah 130 tahun lalu mulai dilakukan.

Meskipun pertandingan bola basket selalu menarik perhatian banyak penggemar, namun banyak yang belum mengetahui mengenai pengertian dan sejarah permainan bola basket. Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan membahasnya. Berikut informasinya;

Michael Jordan (Foto: NBA)

Pengertian Permainan Bola Basket 

Pengertian permainan bola basket adalah jenis olahraga kelompok, di mana dua tim bermain melawan satu sama lain. Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke  ring lawan.

Bola basket memiliki waktu permainan standar internasional 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit),  dengan jeda waktu istirahat 10 menit. Tapi khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit per setiap babaknya (4×12 menit). Sementara permainan bola basket di Indonesia mengikuti standar 4 x 10 menit.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1688 seconds [13]